Puasa Tarwiyah Jelang Idul Adha 2020: Niat, Kapan Dilaksanakan, Keutamaan

Rosmha Widiyani - detikNews
Senin, 20 Jul 2020 17:08 WIB
asian muslim people praying before having their food in dining room together for break fasting
Foto: iStock/Puasa Tarwiyah Jelang Idul Adha 2020: Niat, Kapan Dilaksanakan, Keutamaan
Jakarta -

Puasa tarwiyah menjadi salah satu ibadah sunnah yang disarankan menjelang Idul Adha 2020. Puasa tarwiyah dilakukan di tanggal 8 Zulhijjah dalam kalender Islam.

Di 10 hari pertama Bulan Zulhijjah banyak keutamaan yang bisa diraih oleh umat Islam. Rasulullah SAW telah mengingatkan umatnya untuk memanfaatkan momen ini dengan melakukan amalan terbaik.

Diriwayatkan dalam hadits Abu Daud, Rasulullah SAW bersabda:


مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ

Artinya: "Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai Allah SWT melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Zulhijjah)." Para sahabat bertanya, "Tidak pula jihad di jalan Allah SWT?" Rasulullah SAW menjawab, "Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun." (HR Abu Daud).

Bagi yang ingin melaksanakan puasa tarwiyah berikut niat, kapan dilaksanakan, dan keutamaannya:

1. Niat puasa tarwiyah

نويت صوم التروية سنة لله تعالى

Arab latin: Nawaitu shauma al tarwiyata sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: "Saya niat berpuasa sunnah tarwiyah karena Allah ta'ala."

2. Kapan puasa tarwiyah dilaksanakan?

Puasa tarwiyah biasanya dilaksanakan pada 8 Zulhijjah menjelang Idul Adha 10 Zulhijjah. Pelaksanaan puasa diawali niat, sahur, dan diakhiri dengan berbuka. Selama puasa pastikan tetap produktif, menjaga kesehatan, dan kebersihan.

3. Keutamaan puasa tarwiyah

Dikutip dari CNN Indonesia, Ustaz KH Wahyul Afif Al-Ghafiqi sempat menjelaskan keutamaan puasa tarwiyah. Mereka yang melakukan puasa ini bisa mendapat pahala yang besar.

Tarwiyah itu pada tanggal 8 Dzulhijjah. Orang yang melakukannya akan memperoleh pahala yang besarannya hanya Allah saja yang mengetahuinya," kata ustaz yang akrab disapa Kang Mako ini.

(row/erd)