Puasa Arafah Jelang Idul Adha 2020: Niat, Kapan Dilaksanakan, Keutamaan

Rosmha Widiyani - detikNews
Jumat, 17 Jul 2020 17:32 WIB
Pengalaman Puasa Mualaf
Foto: Istimewa/Puasa Arafah Jelang Idul Adha 2020: Niat, Kapan Dilaksanakan, Keutamaan
Jakarta -

Puasa arafah biasa dilaksanakan tiap muslim menjelang Idul Adha 2020. Selain puasa, berbagai amal sholeh dilaksanakan demi lebih dekat dengan Allah SWT.

Dalam hadistnya, Nabi Muhammad SAW telah mengingatkan umatnya untuk tidak melewatkan bulan Zulhijjah. Allah SWT dikatakan sangat mencintai amal sholeh yang dilakukan di 10 hari pertama bulan dilaksanakannya Idul Adha ini

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ

Artinya: "Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai Allah SWT melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Zulhijjah)." Para sahabat bertanya, "Tidak pula jihad di jalan Allah SWT?" Rasulullah SAW menjawab, "Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun." (HR Abu Daud).

Bagi yang ingin melaksanakan puasa arafah berikut penjelasan niat, kapan dilaksanakan dan keutamaannya

1. Niat puasa arafah

Setiap perbuatan, apalagi yang baik, tentu harus didului niat. Ini niat puasa arafah

نويتُ صومَ عرفة سُنّةً لله تعالى

Arab latin: Nawaitu shauma arafata sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: Saya niat puasa sunnah arafah karena Allah Ta'ala.

2. Kapan puasa arafah dilaksanakan?

Puasa arafah dilaksanakan pada 9 Zulhijah, atau bertepatan dengan hari arafah. Empat mahdzab menyepakati, puasa arafah hukumnya sunnah bagi umat Islam yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji.

Bagi yang sedang berhaji tidak disunahkan mengerjakan puasa arafah. Bahkan kepada mereka disunahkan untuk tidak berpuasa pada hari arafah meski secara fisik kuat.

"Agar tersedia kekuatan untuk berdoa, dan juga demi mengikuti sunnah (Rasulullah SAW)," kata Prof Dr Wahbah Az Zuhaili dalam Kitab Fiqhul Islam Adillathuhu Juz 3 yang dikutip Tim Hikmah detikcom.



3. Keutamaan puasa arafah

Puasa arafah memiliki sejumlah keutamaan. Diriwayatkan dalam Hadits Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Artinya: "Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu." (HR Muslim).

Keutamaan puasa di hari Arafah juga disebutkan dalam Hadits Imam Muslim lainnya, Rasulullah SAW bersabda:

"Jumlah manusia yang dibebaskan Allah dari neraka yang paling banyak adalah pada hari Arafah."

(row/erd)