Round-Up

Melacak Jejak Penipu Ashanty di Jantung Ibu Kota

Tim detikcom - detikNews
Senin, 20 Jul 2020 06:55 WIB
Rusun di Benhil yang pernah dihuni penipu Ashanty
Foto: Ilman/detikcom / Rusun yang pernah dihuni penipu Ashanty
Jakarta -

Nama Rita Hapsari Ningtyas mendadak santer setelah artis Ashanty mengaku hampir tertipu dengan perempuan yang berjanji membeli rumahnya itu. Jejak Rita pun terlacak hingga ke pusat Jakarta.

Kisah ini berawal saat Ashanty hendak menjual rumah mewahnya di Cinere, Depok. Sepasang suami istri berniat membeli rumah itu seharga Rp 35 miliar tanpa menawar. Belakangan Ashanty mendapat informasi bahwa pasangan itu merupakan penipu.

Rentetan cerita soal pasangan yang disebut penipu ini lalu bermunculan. Pasangan itu sempat menjanjikan bantuan miliaran Rupiah ke sejumlah PMI di Jawa Timur. Nyatanya, bantuan itu tidak diserahkan hingga sekarang.

Fakta lain terungkap saat sebuah akun Youtube membeberkan identitas sang 'istri' yang bernama Rita Hapsari Ningtyas. Dari data di KTP, Rita beralamat di Jakarta.

AshantyAshanty Foto: Palevi/detikHOT

Berikut jejak Rita Hapsari Ningtyas di Jakarta:

Pernah Tinggal di Rusun

detikcom lalu menelusuri alamat yang tertera di KTP dan sampai ke sebuah rumah susun di kawasan Bendungan Hilir (Benhil), Jakarta Pusat. Ketua RW 009, Audi, membenarkan bahwa Rita pernah menghuni sebuah kamar di lantai 4.

Audi mengatakan, Rita tinggal di rumah susun sekitar tahun 2012. Setelah itu, Rita sudah tidak tinggal lagi di rumah susun tersebut pada 2017 karena sudah bercerai dengan suaminya.

"Pindah 2017. Suaminya sih yang bilang 'saya udah nggak ada hubungan' (bercerai)," ucapnya.

Audi lalu memutar memorinya soal sosok Rita. Perempuan itu disebut mudah bergaul dengan lingkungan sekitar. Selain itu, Rita juga sering mengajari anak-anak di rumah susun untuk belajar Bahasa Inggris.

"Suka ngajar anak-anak sekolah, ngajar bahasa Inggris," katanya.

Tonton video 'PMI Jember Sebut Penipu Ashanty Ngaku-ngaku Punya 300 Hotel':

Selanjutnya
Halaman
1 2