Taput Mau Tilang Warga Tak Bermasker, GTPP Sumut: Ubah Perilaku Tak Mudah

Haris Fadhil - detikNews
Minggu, 19 Jul 2020 11:10 WIB
Jubir Gugus Tugas COVID-19 Sumut, Aris Yudhariansyah (dok. Istimewa)
Jubir Gugus Tugas COVID-19 Sumut, Aris Yudhariansyah (dok. Istimewa)
Medan -

Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan menyiapkan Peraturan Bupati (Perbup) wajib masker yang di dalamnya mengatur tilang bagi warga tak bermasker saat di luar rumah. Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Sumatera Utara (Sumut) mengatakan belum ada informasi dari Pemkab Taput soal rencana tersebut.

"Belum dapat informasi kami," kata Jubir GTPP COVID-19 Sumut, Aris Yudhariansyah, kepada wartawan, Minggu (19/7/2020).

Aris mengatakan pihaknya juga belum membahas rencana denda atau tilang bagi warga yang tak bermasker saat berada di luar rumah. Menurut Aris, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi memang pernah mewacanakan penerapan denda bagi warga tak bermasker, tapi pembahasan detail soal denda tersebut belum dilakukan.

"Iya (pernah ada wacana denda warga tak bermasker), tapi belum," ucapnya.

Dia menyebut mewajibkan penggunaan masker merupakan persoalan mengubah perilaku warga. Oleh sebab itu, katanya, mewajibkan penggunaan masker bagi warga tak semudah membalikkan telapak tangan.

"Yang jadi permasalahan sekarang mengubah perilaku itu kan tidak seperti membalikkan telapak tangan, saya pikir kita harus sabar tapi tidak menyerah. Kita edukasi sampai masyarakat bisa paham. Saya ambil ilustrasi seperti ini, kalau di Indonesia kita berjalan di sebelah kiri kan? Kalau berjalan sebelah kanan ditabrak dari depan. Itu kan tidak pernah diajarkan ke kita, tapi dibiasakan. Sama seperti menggunakan masker, kita harus ajarkan masyarakat gunakan masker agar tidak kena penyakit," ujar Aris.

Tonton video 'Awas! Jangan Asal Turunkan Masker ke Dagu':