ADVERTISEMENT

Bundaran HI Masih Tetap Ramai Didatangi Pesepeda-Pejalan Kaki

M Ilman - detikNews
Minggu, 19 Jul 2020 10:09 WIB
Bundaran HI (Ilman/detikcom)
Foto: Bundaran HI (Ilman/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah pengendara sepeda kembali ramai di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat meski saat ini Jakarta masih pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Mereka bersepeda secara berkelompok dengan komunitas dan teman-temannya.

Pantauan detikcom di kawasan Bundaran HI, Minggu (19/7/2020), jalur sepeda 'pop up' di sini diperlebar. Para pesepeda itu datang dari berbagai arah, ada yang dari Blok M, Tanah Abang dan Monas.

Seperti diketahui, car free day (CFD) sudah tidak diberlakukan di Bundaran HI. Dengan demikian, kendaraan bermotor masih bebas berlalu lalang. Untuk keamanan, sejumlah petugas dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta turut berjaga.

Masih ada pejalan kaki yang masuk ke jalur peseda. Petugas juga beberapa kali mengingatkan kepada para pejalan kaki untuk berpindah ke trotoar. Selain itu, teguran juga dilakukan oleh petugas apabila ada pesepeda dan pejalan kaki yang berkerumun di trotoar.

Sebelumnya diberitakan, jalur sepeda 'pop up' diperlebar pada hari Minggu ini. Pelebaran jalur dilakukan karena terlihat kepadatan pada pekan lalu.

"Jadi sepeda di bundaran HI dari hasil evaluasi kami memang hari minggu terjadi peningkatan, oleh sebab itu pada Minggu besok karena kemarin memang yang disiapkannya hanya satu lajur tentu terlihat padat. Karena itu, untuk Minggu besok kita akan perlebar untuk jalur sementaranya," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dihubungi, Rabu (15/7/2020).

Menurut Syafrin, pelebaran jalur sepeda pada hari Minggu itu dilakukan untuk memfasilitasi masyarakat berolahraga. Hal itu perlu dilakukan untuk menjaga kebugaran di tengah pandemi.

"Bahwa kita pahami, di tengah pandemi COVID-19 ini warga terus harus jaga kebugaran, nah dengan bersepeda tentu yang bersangkutan bisa jaga jarak aman dengan terus tetap jaga kebugarannya, jadi difasilitasi," ucapnya.
Karena tidak ada HBKB, kawasan Sudirman-Thamrin masih akan dilintasi kendaraan bermotor. Nantinya, jalur pesepeda dan kendaraan bermotor akan dibatasi oleh cone.

"Ya, ada dua lajur untuk kendaraan bermotor, selebihnya bagi pesepeda, nanti dibatasi oleh cone," katanya.

Tonton video 'Hal yang Perlu Diketahui Saat Olahraga Pakai Masker':

(imk/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT