ADVERTISEMENT

Jalur 'Pop Up' Diperlebar, Pesepeda Tumpah Ruah di Kawasan Sudirman-Thamrin

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Minggu, 19 Jul 2020 08:06 WIB
Jalur sepeda di kawasan Sudirman-Thamrin
Jalur sepeda di kawasan Sudirman-Thamrin. (Ilman Nafi'an/detikcom)
Jakarta -

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memperlebar 'pop up' sepeda menjadi dua lajur di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, setiap hari Minggu. Hal itu karena tingginya antusiasme masyarakat yang bersepeda di kawasan tersebut, meski hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) ditiadakan.

Pantauan detikcom pukul 07.00 WIB, Minggu (19/7), di depan Mal fX Sudirman, lajur sepeda di Jalan Sudirman mengarah ke Thamrin masih menggunakan satu jalur. Sementara di arah sebaliknya, yakni dari Thamrin ke Sudirman, 'pop up' sepeda sudah menggunakan dua jalur

Namun, memasuki pukul 07.20 WIB, para pesepeda semakin banyak yang masuk di Jalan Sudirman arah Thamrin. Pesepeda itu datang dari arah Blok M.

Karena semakin banyak pesepeda yang melintas, petugas Dishub kemudian memperlebar 'pop up' menjadi dua jalur. Saat ini jalur sepeda 'pop up' di kawasan Sudirman-Thamrin maupun sebaliknya sudah menggunakan dua jalur. Para pesepeda tumpah ruah di kawasan ini.

Jalur sepeda di kawasan Sudirman-ThamrinJalur sepeda di kawasan Sudirman-Thamrin (Ilman Nafi'an/detikcom)

Selain para pesepeda, ada pejalan kaki dan pelari yang berolahraga. Mereka berada di trotoar dan tidak masuk ke jalur sepeda.

Diketahui, Pemprov DKI Jakarta akan melebarkan jalur sepeda 'pop up' pada hari Minggu ini. Pelebaran jalur dilakukan karena terlihat kepadatan pada pekan lalu.

"Jadi sepeda di bundaran HI dari hasil evaluasi kami memang hari minggu terjadi peningkatan, oleh sebab itu pada Minggu besok karena kemarin memang yang disiapkannya hanya satu lajur tentu terlihat padat. Karena itu, untuk Minggu besok kita akan perlebar untuk jalur sementaranya," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dihubungi, Rabu (15/7).

Tonton video 'Mau Gowes? Jangan Lupa Hormati Pengguna Jalan Lain!':

(isa/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT