Ajak Milenial Amalkan Pancasila, Ketua MPR & Atta Halilintar Nge-vlog

Nurcholis Ma'arif - detikNews
Sabtu, 18 Jul 2020 22:12 WIB
Bamsoet & Atta
Foto: MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) nge-vlog bareng Atta Halilintar, YouTuber sekaligus influencer yang memiliki subscriber mencapai 24,7 juta. Membuat konten tentang Empat Pilar MPR RI, Bamsoet dan Atta ingin mengajak subscriber yang notabene dari generasi milenial untuk memahami dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Di usianya yang sangat muda, baru 25 tahun, Atta Halilintar berhasil mencuri perhatian publik, bahkan bisa dikatakan para penikmat YouTube dari orang tua, emak-emak hingga anak-anak, kemungkinan besar mengetahui siapa sosok Atta Halilintar," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Sabtu (18/7/2020).

"Ia adalah YouTuber pertama asal Asia Tenggara yang mampu menembus 10 juta subscriber di tahun 2019 lalu. Tak salah jika kemarin Pak Jokowi mengundang Atta dan para YouTuber lainnya ke istana, mengajak mereka untuk membantu pemerintah dalam menghadapi pandemi COVID-19. Dan hari ini, saya datang berkolaborasi dengan dirinya membuat konten tentang Empat Pilar MPR RI," sambungnya.

Mantan Ketua DPR RI yang memiliki akun YouTube 'Bamsoet Channel' ini mengungkapkan besarnya jumlah subscriber Atta Halilintar merupakan kekuatan komunikasi sosial yang harus dimanfaatkan untuk kepentingan yang lebih besar.

Tak hanya oleh MPR RI, seluruh pejabat publik termasuk Presiden maupun instansi pemerintahan bisa bekerja sama dengan Atta Halilintar untuk menyukseskan berbagai agenda kebangsaan.

"Dunia berubah begitu cepat. Jika dahulu TV dan radio menjadi kekuatan komunikasi sosial, kini sudah beralih ke para YouTuber. Keberadaan mereka tak boleh dinafikan apalagi disepelekan, terutama oleh para generasi baby boomer yang kini berusia rata-rata di atas 50 tahun, masih banyak yang gaptek terhadap kemajuan teknologi informasi," tutur dia.

"Keberadaan 24,7 juta subscriber yang dimiliki Atta Halilintar menunjukkan betapa sosoknya sangat dikagumi oleh para anak bangsa," tandas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia ini mengutarakan melalui kolaborasi membuat konten Empat Pilar MPR RI dengan berbagai YouTuber, seperti Atta Halilintar, Raffi Ahmad, Baim Wong, Jessica Iskandar, dan Irfan Hakim, dirinya berharap bisa menjangkau jutaan warga Indonesia di berbagai daerah.

Kata Bamsoet, melalui video YouTube, siapa pun, kapan pun, dan dari mana pun bisa mengakses video konten tentang Empat Pilar MPR RI.

"Cukup dengan video 5-10 menit, Empat Pilar MPR RI yang dikemas kekinian bisa menjangkau jutaan orang. Tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun dari anggaran negara. Yang diperlukan hanyalah kolaborasi dengan para YouTuber," pungkas Bamsoet.

(mul/ega)