Round-Up

Narasi 'Tak Mau Jadi Bodoh' dr Yovi Tanggapi Tantangan Jerinx

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 18 Jul 2020 08:18 WIB
Poster
Ilustrasi COVID-19 (Foto: Edi Wahyono-detikcom)
Pekanbaru -

Jerinx kembali bikin heboh lewat narasinya dalam unggahan yang memperlihatkan sosok dr Indra Yovi bicara 'Kalau tidak percaya COVID-19, boleh coba masuk ruang isolasi tanpa APD'. Dokter Yovi pun buka suara dengan narasi tak mau jadi bodoh dengan menanggapi tantangan Jerinx tersebut.

Kehebohan berawal saat Jerinx mengunggah foto dr Yovi yang memakai masker dan jaket BPBD sekitar pukul 09.00 WIB di akun Instagram-nya, @jrxid. Posting-an musisi tersebut kemudian mendapat ribuan komentar dari warganet lainnya.

Dalam caption-nya, Jerinx mengaku mencari Yovi. Dia juga menanyakan ke dr Tirta apakah memiliki kontak Yovi atau tidak.

"ADA YANG BISA KONEKSIKAN SAYA DENGAN SI YOVI-19 INI," tulis Jerinx.

"Saya sudah coba sejak berbulan-bulan lalu dan TIDAK ADA RS yg ijinkan saya ketemu pasien tanpa APD. Cek IG saya. Ada buktinya. Saya sudah siap mati demi ini. Apa MEREKA siap RAHASIA DAPURNYA kebongkar. Mas dr Tirta ada kontaknya Yovi? Tolong balas DM ya. Suwun," sambungnya.

Lalu, apa tanggapan dr Yovi soal posting-an Jerinx tersebut?

"Hanya akan menghabiskan energi saja menanggapinya. Nanti saya malah jadi bodoh," kata Yovi.

Meski demikian, Yovi membenarkan kata-kata yang ada dalam foto unggahan Jerinx itu merupakan ucapannya. Dia mengatakan ucapan tersebut terlontar karena dirinya menilai banyak masyarakat yang tak percaya dengan bahaya COVID-19.

"Betul saya berbicara yang tidak percaya dengan COVID-19 silakan masuk ruang isolasi tanpa APD. Ini saya sampaikan karena masih banyak masyarakat yang tidak percaya dengan COVID-19, padahal angka kematian terus bertambah mencapai 50 orang mati setiap hari (secara nasional)," kata Yovi.

Dia menilai masyarakat sering mengabaikan protokol pencegahan COVID-19 yang telah dianjurkan pemerintah. Yovi pun mengaku ogah menanggapi lebih jauh posting-an Jerinx. Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Riau ini mendoakan Jerinx dan keluarga selalu diberi kesehatan.

"Kalau soal IG itu saya malas menanggapinya. Saya doakan semoga dia dan keluarganya diberikan kesehatan," tutup Yovi.

Terlepas dari kehebohan posting-an Jerinx, Kepala Laboratorium Departemen Ilmu Sosiologi Universitas Sumatera Utara (USU), Muba Simanihuruk, punya analisis sendiri soal fenomena masyarakat yang tak percaya bahaya Corona. Muba memulai penjelasan soal budaya masyarakat yang percaya dengan hoax serta konspirasi di balik COVID-19.

Tonton juga 'Choky dan Olivia Zalianty Tanggapi soal Teori Konspirasi COVID-19':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2