Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal, Arab, Latin, dan Artinya

Tim hikmah detikcom - detikNews
Jumat, 17 Jul 2020 19:59 WIB
Jenazah Zuni Hanifah yang mayatnya ditemukan dalam sumur Kulon Progo dimakamkan, Selasa (7/7/2020).
Foto: Jenazah Zuni Hanifah yang mayatnya ditemukan dalam sumur Kulon Progo dimakamkan, Selasa (7/7/2020). (Sayoto Ashwan/detikcom)
Jakarta -

Doa untuk orang yang sudah meninggal, kerap kali diucapkan ketika mendengar berita duka wafatnya seseorang. Bagi umat Islam, mendoakan saudara yang meninggal dunia menjadi suatu keharusan.

Dr. Hardisman, MHID, PhD di dalam bukunya, 'Tuntunan Akhlak Dalam Al-Quran dan Sunnah: Membentuk Pribadi Muslim' menyebutkan, doa menjadi cara berbhakti seorang anak kepada orang tuanya yang sudah meninggal. Hal itu sebagaimana sabda Rasulullah SAW bahwa jika orang tua yang sudah meninggal masih ada cara berbakti yang harus dilakukan seorang anak, yakni dengan mendoakan mereka untuk keselamatan dan pengampunan, memenuhi janji, membayar utang-utang mereka, dan menjaiin silaturahmi dengan kerabat dan sahabatnya.

Dalam Hadits riwayat Imam Muslim dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

"Jika seorang anak Adam meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara, yaitu shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang shaleh yang mendoakannya."

Mahmud Asy-Syafrowi dalam bukunya, 'Sukses Dunia-Akhirat Dengan Doa-Doa Harian mengatakan doa untuk orang tua yang sudah meninggal bisa menggunakan bahasa apa pun. Doa yang dipanjatkan bisa apa saja. Intinya dalam doa tersebut terdapat permintaan kebaikan, ampunan, kasih sayang, kekuatan, perlindungan, derajat dan penerimaan amal, kemaafan untuk almarhum atau almarhumah.

Namun sebagian ulama berpendapat, doa untuk orang yang sudah meninggal bisa bersumber dari ajaran Rasulullah SAW. Di samping kita akan mendapatkan pahala karena mengikuti sunnah Rasulullah, kalimat doa yang dicontohkan oleh beliau tentu memiliki kandungan makna dan keistimewaan.


Doa untuk orang yang sudah meninggal yang diajarkan Beliau saat berada di sisi jenazah. Berikut ini doa untuk jenazah laki-laki:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ


Latin Arab: Allahummaghfirla-hu warham-hu wa 'aafi-hi wa'fu 'an-hu wa akrim nuzula-hu, wa wassi' madkhola-hu, waghsil-hu bil maa-i wats tsalji wal barod wa naqqi-hi minal khothoyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danaas, wa abdil-hu daaron khoirom min daari-hi, wa ahlan khoirom min ahli-hi, wa zawjan khoirom min zawji-hi, wa ad-khilkul jannata, wa a'idz-hu min 'adzabil qobri wa 'adzabin naar.


Artinya:

"Ya Allah, ampunilah ia, kasihilah ia, berilah ia kekuatan, maafkanlah ia, dan tempatkanlah di tempat yang mulia (surga), luaskan kuburannya, mandikan ia dengan air salju dan air es. Bersihkan ia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran, berilah ganti rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah ganti keluarga (atau istri di surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan ia ke surga, jagalah ia dari siksa kubur dan neraka." (HR. Muslim).


Doa untuk orang meninggal di atas sering juga dibaca saat Sholat Jenazah setelah takbir ke-3. Jika jenazah perempuan, doanya adalah:


Allahummaghfirla-haa warham-haa wa 'aafi-haa wa'fu 'an-haa wa akrim nuzula-haa, wa wassi' madkhola-haa, waghsil-haa bil maa-i wats tsalji wal barod wa naqqi-hi minal khothoyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danaas, wa abdil-haa daaron khoirom min daari-haa, wa ahlan khoirom min ahli-haa, wa zawjan khoirom min zawji-haa, wa ad-khilkul jannata, wa a'idz-haa min 'adzabil qobri wa 'adzabin naar.

Jika merasa doa tersebut terlalu panjang, kita boleh membaca sebagian saja. Misalnya bagian awal atau kita bisa membaca doa untuk orang meninggal dengan artinya saja.

(nwy/erd)