Doa untuk Orang Meninggal Perempuan dan Laki-laki

Puti Yasmin - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 04:30 WIB
Gempa dan tsunami yang terjadi di Aceh pada 2004 silam menewaskan ratusan ribu warga. Kuburan Massal Tsunami Ulee Lheue jadi lokasi dimakamkannya para korban.
Doa untuk Orang Meninggal/Foto: Antara Foto/Ampelsa
Jakarta -

Setiap yang bernyawa tentu akan mati karena kehidupan di dunia hanya sementara. Ada doa untuk orang meninggal yang bisa dibacakan agar almarhum atau almarhumah diampuni dosa-dosanya.

Setelah kematian, setiap orang tentu harus bertanggung jawab terhadap semua hal yang dilakukan di dunia. Hanya ada dua pilihan di akhirat kelak, yakni surga atau neraka.

Allah berfirman dalam Quran surat Al Bayyinah ayat 6-8 bahwa neraka tempat kembalinya orang-orang kafir sedangkan surga merupakan tempat kembalinya orang beriman.

Maka dari itu, sebagai orang yang masih hidup di dunia ada baiknya kirim doa untuk orang meninggal agar mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT.

Berikut doa untuk orang meninggal dunia yang bisa diamalkan:

Doa untuk orang meninggal sesuai sunnah disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitabnya al-Azkar. Doa untuk orang meninggal dunia

Arab: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَلَهُ وَأَعْقِبْنِي مِنْهُ عُقْبَى حَسَنَةً

Latin: Allahummaghfirli wa lahu wa'qibni minhu 'uqba hasanah

Artinya: Ya Allah, ampuni diriku dan dia dan berikan kepadaku darinya pengganti yang baik.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam juga bersabda mengenai doa untuk orang meninggal. Diriwayatkan Muslim, bahwa ada tiga hal yang tidak akan terputus amalnya, yakni sedekah jariyah, ilmu yang manfaat, dan anak sholeh yang mendoakannya.

Doa untuk orang meninggal amalnya tidak akan terputus bila dilantunkan langsung oleh anaknya yang sholeh atau sholeha ya!

(pay/erd)