PDIP Sulsel Serahkan Rekomendasi DPP ke Cakada Pilkada Makassar-Gowa

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Jumat, 17 Jul 2020 18:15 WIB
PDIP Sulsel menyerahkan rekomendasi DPP ke cakada Pilkada Makassar-Gowa (Dok. PDIP)
Foto: PDIP Sulsel menyerahkan rekomendasi DPP ke cakada Pilkada Makassar-Gowa (Dok. PDIP)
Makassar -

Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan Sulawesi Selatan menyerahkan surat rekomendasi pada tiga pasang calon kepala daerah (Cakada) yang akan bertarung dalam Pilkada Serentak Sulsel 2020.

Ketiga pasang cakada tersebut adalah calon wali kota Makassar Syamsu Rizal dan calon wakilnya Fadli Ananda, pasangan petahana Bupati-Wakil Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Kio, serta calon bupati dan calon wakil bupati Pangkep Abdul Rahman Assagaf-Muammar Muhayyang.

"Ini sifatnya masih bersifat rekomendasi internal, yang kita serahkan ke nama-nama yang telah disebutkan Ibu Ketua Umum," ujar Sekretaris PDIP Sulsel Rudy Pieter Goni.

Sementara menurut bakal calon wali kota Makassar Syamsu Rizal, mengatakan ia bersama calon wakilnya, Fadli Ananda siap mengemban amanah Ketua Umum PDIP dengan bekerja keras sampai ke tingkat bawah sesuai garis perjuangan PDIP.

"Berikutnya kita akan konsolidasi dengan jajaran pengurus PDIP, nanti deklarasi partai yang tentukan," ujar Mantan Wakil Wali Kota Makassar periode 2014-2019 ini.

Dari 12 kota-kabupaten yang menggelar Pilkada, saat ini PDIP baru menerbitkan rekomendasi pada 5 pasang Cakada. Sebelum rekomendasi tiga pasang Cakada di Sulsel yang diumumkan hari ini, sebelumnya Megawati telah menyerahkan rekomendasi pada bakal calon Bupati-Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria-Andi Makkasau, serta petahana Bupati Selayar Basli Ali dan calon wakilnya Saiful Arif, 19 Februari lalu di Jakarta.

Sebelumnya diberitakan, DPP PDIP resmi mengumumkan rekomendasi untuk Pilkada 2020. Ada 45 pasangan calon kepala daerah yang diumumkan, termasuk Gibran Rakabuming Raka untuk Kota Surakarta.

Nama-nama yang mendapat rekomendasi dari PDIP diumumkan Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan Puan Maharani. Puan membacakan nama-nama yang diberikan rekomendasi mulai dari wilayah Indonesia Timur.

"Pada kesempatan ini atas izin Ibu Ketua Umum, maka saya akan mengumumkan nama-nama yang kemudian sudah menjadi keputusan dari DPP partai untuk insyaallah maju dan berjuang untuk memenangkan dalam Pilkada tahun 2020," ujar Puan.

(mna/gbr)