Chandra Hamzah Ditunjuk Jadi Ketua Pansel Ombudsman

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 17 Jul 2020 17:09 WIB
Chandra Hamzah
Chandra Hamzah (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Chandra Hamzah ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Calon Anggota Ombudsman Periode 2021-2026. Pansel ini nantinya akan menyetorkan 18 calon anggota Ombudsman ke Jokowi dan kemudian diserahkan ke DPR untuk dipilih.

Penunjukan Chandra Hamzah ini tertuang dalam Keppres Nomor 65/P/Tahun 2020 tanggal 2 Juli 2020. Berikut susunan keanggotaan Pansel Anggota Ombudsman 2021-2026:

1. Chandra Hamzah sebagai ketua merangkap anggota
2. M Yusuf Ateh sebagai wakil ketua merangkap anggota
3. Juri Ardiantoro sebagai anggota
4. Francisia Saveria Sika Ery Seda sebagai anggota
5. Abdul Ghaffar Rozin sebagai anggota

"Pendaftaran calon anggota Ombudsman akan diumumkan di website Kemensetneg pada 17 Juli 2020, setelah press conference saat ini. Pendaftaran akan dibuka pada 27 Juli 2020 sampai 18 Agustus 2020. Artinya, ada kesempatan waktu 10 hari untuk WNI yang terpanggil untuk mempersiapkan diri, menyiapkan bahan kelengkapan administratifnya untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota Ombudsman," kata Chandra Hamzah kepada wartawan di gedung Kemensetneg, Jakarta Pusat, Jumat (17/7/2020).

Chandra mengimbau seluruh masyarakat yang memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri menjadi calon anggota Ombudsman. Kata Chandra, masyarakat bisa ikut memperbaiki pelayanan publik dengan menjadi anggota Ombudsman.

"Ini adalah salah satu cara untuk berperan serta memperbaiki layanan publik di negara ini. Karena Ombudsman sendiri bergerak dalam ruang lingkup layanan publik berdasarkan UU Layanan Publik," ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama, Juri Ardiantoro mengatakan masa jabatan Ombudsman saat ini akan berakhir pada Februari 2021. Sejak bulan Juli, tim Pansel akan melakukan proses seleksi hingga terpilih anggota Ombudsman yang baru.

"Dan proses seleksi ini dimulai dari pengumuman, pendaftaran, seleksi admin, tes tertulis, dan seterusnya akan dilakukan kami oleh Pansel selama rentang waktu sampai Ombudsman terpilih," tutur dia.

"Tugas kami sampai kepada memilih 18 orang calon anggota Ombudsman, dua kali lipat dari jumlah anggota yang nanti oleh Presiden akan dikirim kepada DPR dan DPR akan memilih 9 anggota Ombudsman. Saya kira itu yang bisa kami sampaikan," sambung Juri.

(knv/gbr)