Pecah Kongsi di Pilkada, Wabup Sergai Yakin Kalahkan Bupati Petahana

Ahmad Arfah - detikNews
Jumat, 17 Jul 2020 16:40 WIB
Darma Wijaya saat menerima rekomendasi dari PDIP untuk maju di Pilkada Sergai (Ahmad Arfah-detikcom)
Foto: Darma Wijaya saat menerima rekomendasi dari PDIP untuk maju di Pilkada Sergai (Ahmad Arfah-detikcom)
Medan - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Soekirman dan Wakil Bupati Darma Wijaya (Wiwik) pecah kongsi jelang Pilkada 2020. Keduanya berpeluang saling berhadapan sebagai bakal calon bupati di Pilkada Sergai.

"Ini kan politik ya, politik itu saya sebagai kader (PDIP). Apapun ceritanya kalau kader, sudah menunjuk saya untuk maju, inikan berarti amanah, artinya saya siap untuk memenangkan pertarungan ini," kata Wiwik usai menerima rekomendasi di kantor DPD PDIP Sumut, Medan, Jumat (17/7/2020).

Wiwik mendapat rekomendasi untuk maju di Pilkada Sergai dari PDIP berpasangan dengan anak Bupati Deli Serdang, Adlin Umar Yusri Tambunan. Wiwik mengaku yakin menang melawan Soekirman.

"Kedekatan dengan masyarakat, ya Insyaallah semua akan berjalan dengan baik," ucapnya.

Wiwik yang juga Ketua PDIP Sergai mengatakan bakal melakukan konsolidasi menghadapi Pilkada. Dia mengaku telah mendapat dukungan dari 4 partai lain untuk maju.

"PPP, PKB, Demokrat, Golkar dan PDI Perjuangan, 21 (kursi di DPRD Sergai)," jelasnya.

Meski pecah kongsi di Pilkada, Wiwik mengaku hubungannya dengan Soekirman masih baik-baik saja. "Bagus, sampai sekarang masih bagus. Tidak ada keretakan. Kami masih sama," paparnya.

Sebelumnya PDIP memberi rekomendasi kepada dua bakal calon kepala daerah di Sumut. Selain pasangan Wiwik dan Adlin, PDIP juga memberikan rekomendasi kepada pasangan Asner Silalahi dan Susanti Dewayani untuk maju di Pilkada Kota Pematangsiantar.

Sebagai informasi, Pilkada Sergai juga diprediksi akan diikuti Bupati saat ini Soekirman. Dia akan maju kembali di Pilkada Sergai berpasangan dengan Tengku Ryan Novandi yang merupakan anak mantan Gubsu Tengku Erry Nuradi. Mereka hingga kini telah mengantongi rekomendasi dari partai NasDem. PAN juga dikabarkan mendukung Soekirman-Ryan. (haf/haf)