Sholat Tahajud Berapa Rakaat? Ini Kebiasaan Rasulullah

Puti Yasmin - detikNews
Jumat, 17 Jul 2020 15:23 WIB
One day One Hadits sholat malam tarawih
Foto: Tim Infografis detikcom/Sholat Tahajud Berapa Rakaat? Ini Kebiasaan Rasulullah
Jakarta -

Sholat tahajud merupakan salah satu ibadah sunnah paling dianjurkan untuk dikerjakan setelah sholat fardhu. Rasulullah SAW juga biasa menjalankannya.

Allah SWT berfirman dalam Al Quran surat Al Isra' ayat 79:

Arab:

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَا فِلَةً لَّكَ ۖ عَسٰۤى اَنْ يَّبْعَـثَكَ رَبُّكَ مَقَا مًا مَّحْمُوْدًا

Latin: wa minal-laili fa tahajjad bihii naafilatal laka 'asaaa ay yab'asaka robbuka maqoomam mahmuudaa

Artinya: Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.

Selain mendapatkan pahala, menjalankan sholat tahajud bisa mendatangkan kebaikan bagi yang melaksanakannya. Berikut berbagai manfaat sholat tahajud dikutip dari buku 'Penuntun Mengerjakan Shalat Tahajud' karya Acmad Al Firdaus:


Manfaat Sholat Tahajud

1. Menghapus Dosa dan Mencegah Stres

Melaksanakan sholat tahajud sesuai dengan ajaran Rasulullah dapat mencegah stres dan menjauhkan dari berbagai penyakit. Diriwayatkan dalam hadits Imam Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda, "Sholat tahajud dapat menghapus dosa, mendatangkan ketenangan, dan menghindarkan dari penyakit."

2. Meningkatkan Kecerdasan

Berdasarkan penelitian di Universitas California tahun 2007 tidur dapat menambah kreativitas seseorang. Setelah bangun tidur pun sebanyak 33% orang menciptakan ide-ide baru hal ini seperti yang dilakukan saat umat Islam melaksanakan sholat tahajud.

3. Terapi Otot dan Tulang

Manfaat yang didapatkan seperti terapi untuk bagian otot dan tulang tidak berbeda dari sholat pada umumnya. Hanya saja, waktu sholat tahajud yang dilakukan di malam hari menurut ilmuwan medis merupakan cara terbaik sebagai tambahan di luar pelaksanaan sholat wajib dan sunnah.

Berikut Jumlah Rakaat Sholat Tahajud dikutip dari buku 'Shalat Tahajud Cara Rasulullah SAW: Sesuai Al-Qur'an dan Hadits' karya Ust Hamdi El-Natary:


Sholat tahajud berapa rakaat?

Pada dasarnya tidak ada batasan mengenai jumlah rakaat sholat tahajud. Bila kondisi memungkinkan cukup dengan sholat witir tiga rakaat atau satu rakaat sesudah sholat Isya.

Dalam hadist riwayat Tabrani dan Al Bazzar, dari Sumrah bin Jundub RA ia berkata "Kita diperintah oleh Rasulullah supaya mengerjakan sholat malam itu sedikit atau banyak dan sebagai penghabisan atau penutup sholat witir.

Selain itu, dalam Hadist riwayat Thabrani dalam kitab Al Kabir dan Al Ausath, dari Ibnu Abbas ia berkata, "Kita diperintah oleh Rasulullah mengerjakan sholat malam dan benar-benar menganjurkannya sehingga beliau berkata, 'Kerjakan sholat malam sekali pun hanya satu rakaat'."

Walaupun begitu, tata cara sholat tahajud sesuai sunnah paling utama adalah sebelas rakaat, termasuk tiga rakaat sholat witir. Adapun, pelaksanaanya dapat dilakukan 4+4+3 (4 sholat tahajud+4 sholat tajahud+3 sholat witir). Selain itu, bisa juga 2+2+2+2 (sholat tajahud) +3 (sholat witir bisa 2+1 atau 3 sekaligus).

Pendapat itu sesuai dengan hadist riwayat Bukhari Muslim, dari Aisyah RA ia berkata, "Rasulullah tidak pernah menambah sholat malam itu, baik ketika bulan Ramadhan atau bulan lainnya dari sebelas rakaat. Beliau sholat empat rakaat, jangan tanya tentang baik dan panjangnya. Kemudian, sholat lagi empat rakaat, jangan tanya baik dan panjangnya. Kemudian, sholat witir tiga rakaat. Saya bertanya, 'Wahai Rasulullah, apakah engkau tidur sebelum witir? Beliau menjawab 'Ya Aisyah, walau kedua mataku tidur, namun hatiku tidak tidur."

(pay/erd)