Fasilitas Belajar Online Terbatas, Guru di Polman Datangi Murid untuk Mengajar

Abdy Febriady - detikNews
Jumat, 17 Jul 2020 12:24 WIB
Guru dan murid di SD di Polman gelar KBM tatap muka terbatas di rumah warga (Foto: Abdy/detikcom)
Foto: Guru dan murid di SD di Polman gelar KBM tatap muka terbatas di rumah warga (Foto: Abdy/detikcom)
Polewali Mandar -

Sekolah dasar (SD) di Polewali Mandar terpaksa menggelar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka di tengah pandemi Corona. Hal itu dilakukan lantaran banyak muridnya yang terkendala untuk belajar secara online.

SD tersebut yakni SDN 014 Sumberjo, di Desa Campurjo, Kecamatan Wonomulyo. Guru SDN itu mendatangi rumah murid untuk melakukan KBM.

"Dalam kegiatan KBM secara luring ini, guru yang mendatangi murid, guru membagi kelompok setiap pembelajaran, anak-anak dikelompokkan sekira lima orang, adapun misalnya lebih dari 30 berarti harus enam hari, ada juga yang sistemnya dalam sehari mendatangkan siswa murid sesuai jam pelajaran," tutur Kepala SDN 014 Sumberjo Samsul Huda kepada wartawan, Jumat (17/7/2020).

Samsul mengungkapkan, keputusan melaksanakan KBM tatap muka langsung ini dilakukan atas kesepakatan dengan orang tua murid. Guru dan orang tua sepakat untuk melakukan KBM tatap muka.

"Sebelum ada kegiatan ini, kita adakan rapat internal antara guru dan orang tua, kemudian kita ada kesepakatan kita akan melaksanakan KBM secara luring," ujar Samsul di kantornya, Jumat (17/7/20).

Samsul mengatakan, selama ini orang tua murid mengeluhkan KBM yang dilakukan secara online atau daring. Sebab, banyak dari mereka yang terkendala sarana dan prasarana.

"Mengingat fasilitas yang tidak memadai, kita juga tidak ingin memberatkan kondisi orang tua murid yang semakin susah dengan adanya dampak Covid-19 ini," katanya.

Tonton video 'Usaha Ruangguru Permudah Pembelajaran Jarak Jauh':

Selanjutnya
Halaman
1 2