Round-Up

Dugaan Pemerasan di Balik Mundurnya 64 Kepsek SMPN Inhu dari Jabatan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 17 Jul 2020 09:03 WIB
ilustrasi pejabat mundur (fokus)
Ilustrasi Mundur dari Jabatan (Basith Subastian)
Indragiri Hulu -

Peristiwa tak terduga terjadi di lingkungan pendidikan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau. Bagaimana tidak mengejutkan. Pasalnya, semua kepala sekolah (kepsek) SMP negeri di Inhu kompak mengundurkan diri.

Awalnya, alasan puluhan kepsek itu mengundurkan diri disebut karena tidak tenang ada gangguan soal pengelolaan dana BOS. Namun, usut punya usut, ternyata ada oknum LSM yang diduga memeras para kepsek tersebut.

"Seluruh kepala sekolah SMP Negeri di Inhu mengajukan surat pengunduran diri. Sebanyak 64 kepala sekolah," kata Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Pemkab Inhu, Ibrahim, kepada wartawan, Rabu (15/7/2020).

Sebelum dugaan pemerasan muncul, Ibrahim menyebut para kepsek merasa tidak nyaman mengelola dana BOS. Sebab, sebut dia, ada pihak eksternal yang mengganggu.

"Para kepsek tidak merasa nyaman dalam mengelola dana BOS tersebut. Alasannya, banyak pihak eksternal yang sering mengganggu mereka," kata Ibrahim.

Salah satu pihak yang dianggap mengganggu adalah oknum LSM. Dia menyebut banyak pihak eksternal mencari-cari kesalahan dalam pengelolaan BOS.

"Iya itu (oknum LSM). Itu pengakuan mereka mengapa mengundurkan diri. Banyak oknum yang mengganggu pelaksanaan dana BOS. Dikerjakan yang benar pun tetap dianggap salah oleh oknum-oknum eksternal itu," kata Ibrahim.

Namun, setelah ditelusuri lebih mendalam, dugaan pemerasan akhirnya menyeruak. Ibrahim menuturkan bahwa puluhan kepsek tersebut tak tahan diperas oleh oknum LSM.

"Alasan mereka itu tak tahan diperas oknum LSM terkait dana BOS. Makanya mereka lebih baik memilih mundur dari jabatannya untuk menjadi guru biasa saja," ungkap Ibrahim kepada wartawan, Kamis (16/7).

"Jadi mereka mengaku diperas oknum tersebut. Mereka tak tahan dengan kondisi itu, sehingga mengajukan surat pengunduran diri," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2