Cerita Mujenih-Egi Saat Temukan Plastik Berisi Rp 500 Juta di KRL

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 22:18 WIB
Mujenih, petugas kebersihan yang temukan uang Rp 500 juta di KRL dan kembalikan ke pemilknya, Jumat (10/7/2020).
Petugas KRL Mujenih (kanan) dan Egi (kiri) yang kembalikan Rp 500 juta. (Farhan/detikcom
Jakarta -

Kisah kejujuran petugas KRL, Mujenih dan Egi Sandi, yang mengembalikan uang penumpang sebesar Rp 500 juta yang tertinggal di dalam gerbong kereta, berbuah manis. Keduanya mendapat penghargaan dengan diangkat sebagai karyawan tetap PT KCI dan sejumlah hadiah lainnya.

Egi mengatakan bahwa dirinya yang pertama kali menemukan bingkisan plastik tersebut di dekat bangku prioritas pada gerbong kedua. Saat itu, kata Egi, dirinya tengah menjalankan tugas untuk memastikan bahwa dalam kereta yang telah tiba di Bogor itu tidak ada penumpang yang tertidur.

"Sampai saya di gerbong 2 melihat ada bungkusan plastik dekat bangku prioritas, nggak jauh dari situ ada Mas Mujenih yang sedang melakukan pembersihan kereta," kata Egi dalam d'Rooftalk di Jakarta, Kamis (16/7/2020).

Kemudian, Egi memberitahu Mujenih bahwa dirinya menemukan barang yang langsung disaksikan oleh Mujenih. Egi dan Mujenih tak mengetahui bahwa plastik itu berisi uang setengah miliar rupiah karena tak terpikir untuk membuka bingkisan itu di dalam gerbong kereta.

"Nggak kepikiran (buka di gerbong). Saya temukan, saya ambil bersama disaksikan Mas Mujenih dan saya berikan ke petugas passenger service," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2