TPPU Wawan Tak Terbukti, Pengacara Minta Semua Penyitaan Dikembalikan

M Ilman Nafi'an - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 22:14 WIB
Para saksi memberi keterangan dalam sidang lanjutan kasus pencucian uang dengan terdakwa Tubagus Chaeri Wardana (Wawan) di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (9/3/2020). Saksi tersebut yakni (kiri-kanan) mantan sekretaris Wawan, Laura Indriani, pengusaha Ama Liko Nicolous dan artis Aima Mawaddah. Jaksa mencecar para saksi terkait pemberian mobil dan uang ke sejumlah artis seperti Pevita Pearce, Aima MAwaddah, Jennifer Dunn,  Rebecca Soejati dan Catherine Wilson.
Tubagus Chaeri Wardana (Wawan) (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) membebaskan Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan dari dakwaan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Atas putusan tersebut, kuasa hukum Wawan meminta jaksa penuntut umum (JPU) mengembalikan semua aset yang disita.

"Jadi tadi rekan-rekan mendengar secara langsung putusan dibacakan dan sudah jelas terang sekali bahwa memang khusus terkait TPPU yang dituduhkan kepada klien kami ternyata seluruhnya tidak terbukti," ujar pengacara Wawan, Sukatma, di ruang sidang Wirjono Projodikoro 2, Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Raya, Jakarta Pusat, Kamis (16/7/2020).

"Kalau tadi TPPU-nya sudah jelas dan nyata tidak terbukti semua. Sehingga ada kewajiban penuntut umum membuka semua penyitaan dan dikembalikan kepada pihak siapa yang diambil dulu," imbuhnya.

Sukatma mengatakan tim kuasa hukum juga berencana berdiskusi dengan Wawan mengenai vonis tersebut. Mereka akan membahas soal akan mengambil langkah hukum lain atau tidak.

"Nanti diskusi dulu sikap apa yang akan diambil, apakah kita terima putusan tersebut atau kita langkah upaya hukum berikutnya," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2