Gibran-Teguh Dinilai Bisa Menang Mudah di Pilkada Solo

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 21:44 WIB
Gibran bersama Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa jalani uji kelayakan dan kepatutan terkait Pilkada Solo. Kegiatan itu dilakukan kantor DPP PDIP, Jakarta.
Gibran (depan) dan Teguh (belakang Gibran) mengenakan seragam PDIP. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa meniti jalan menuju Pilkada Solo. Gibran-Teguh seolah tinggal sedikit lagi mendapat restu PDIP. Bila restu didapat, Gibran-Teguh diprediksi bakal menang mudah.

"Jadi kalau nanti Mas Gibran terima rekomendasi dari PDIP, ini akan sulit sekali memang mendapatkan lawan seimbang untuk Mas Gibran," kata Pendiri Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI), Hendri Satrio, kepada detikcom, Kamis (16/7/2020).

Pengamat politik dari Universitas Paramadina ini menilai jalan Gibran-Teguh bakal mulus menuju kursi di Balai Kota Surakarta. Ada tiga faktor.

"Pertama, momentum politik saat ini dimilik Mas Gibran karena faktor ayahanda dan putra daerah," kata Hensat, sapaan akrab Hendri.

Gibran, sebagaimana diketahui, adalah putra Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Jokowi sendiri merupakan mantan Wali Kota Solo. Jokowi dan Gibran Rakabuming Raka sama-sama orang Solo.

"Kedua, tingkat popularitas dan elektabiltas yang saat ini terus menanjak," kata Hensat.

Selanjutnya
Halaman
1 2