Round-Up

Saat Patgulipat Djoko Tjandra Diduga Seret Banyak Pejabat

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 20:17 WIB
Buronan kasus hak tagih (cessie) Bank Bali, Djoko Tjandra, membuat KTP elektronik (e-KTP) kurang dari sejam. Terkait hal tersebut, Komisi III DPR RI akan memanggil Dukcapil DKI dan lurah setempat.
Djoko Tjandra. (Foto: 20Detik)
Jakarta -

Kasus buron kelas kakap Djoko Tjandra seakan menggurita. Satu per satu pejabat yang diduga 'pasang badan' demi terpidana kasus pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali itu terus diusut.

Deretan aksi Djoko Tjandra dalam pelariannya kian panjang. Ulah pria yang kerap disapa 'Joker' ini bikin geger mulai dari pembuatan e-KTP kilat, 'surat jalan' berkop Bareskrim Polri melalui Biro Koordinasi dan Pengawasan (Rokorwas) PPNS, terhapusnya red notice hingga yang terbaru beredar dokumen surat bebas Corona Djoko Tjandra.

Sederet nama pejabat ikut dimintai keterangan mulai dari lurah, jenderal, kalangan jaksa hingga staf Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri. Bahkan, beberapa pejabat itu telah dijatuhi sanksi dan harus menanggalkan jabatannya.

Tidak hanya sepak terjang Djoko Tjandra, aktivitas kuasa hukumnya Anita Kolopaking pun menuai sorotan tajam. Terhangat, foto Anita bersama Ketua Mahkamah Agung (MA) Syarifuddin ramai diperbincangkan di lini masa.

Berikut Ini Patgulipat Djoko Tjandra Seret Banyak Pejabat Terlibat:

Heboh Foto Pengacara Djoko Tjandra-Ketua MA

Pengacara Djoko Tjandra Anita Kolopaking, kedapatan foto bersama dengan Ketua Mahkamah Agung (MA) Syarifuddin. Foto tersebut menjadi ramai dibahas di lini masa karena Djoko Tjandra bisa melenggang di Indonesia padahal statusnya terpidana korupsi yang buron.

"Foto Pak Ketua MA dan Ibu Anita Kolopaking beserta suaminya itu berfoto di rumah kediaman beliau pada saat Hari Raya Lebaran Idul Fitri beberapa bulan lalu," kata Jubir MA, Hakim Agung Andi Samsan Nganro, kepada detikcom, Kamis (16/7/2020).

Rumah yang dimaksud adalah Rumah Dinas Wakil Ketua MA. Sebab, Syarifuddin belum pindah rumah ke rumah dinas Ketua MA karena belum lama dilantik.

"Saat itu karena tamu-tamu lain yang hadir minta Pak Ketua untuk berfoto, maka Ibu Anita dan suaminya juga nimbrung berfoto dengan Ketua MA dan istri," ujar Andi Samsan Nganro.

Dalam foto itu tampak Syarifuddin memakai kopiah warna putih dan istrinya memakai kerudung warna putih. Keduanya diapit oleh Anita yang memakai kerudung warna hijau dan suami Anita yang memakai kopiah serta menggunakan masker.

Berfoto bersama dalam suasana Lebaran. Seperti itu biasalah, tidak ada maksud dan tujuan apa-apa," pungkas Andi, yang juga Ketua Muda MA bidang Pengawasan.

Dalam kesempatan terpisah, kuasa hukum Djoko Tjandra, Anita Kolopaking, datang ke Bareskrim Polri untuk membuat laporan polisi (LP) terkait cuitan Twitter yang ramai membawa namanya.

"Iya betul (soal cuitan Twitter yang lagi ramai membawa namanya)," kata Anita di Bareskrim Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jaksel, Kamis (16/7).

Anita belum bicara banyak soal rencana pelaporan ini. Beredar informasi bahwa Anita merasa HP-nya diretas.

Tonton video 'Brigjen Pol Prasetijo Kini Terancam Hukuman Pidana':

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4