Bawa 49 Kg Sabu dan Puluhan Ribu Butir Ekstasi, 2 Kurir Divonis Mati

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 18:58 WIB
Kondisi sidang virtual di PN Palembang terkait 3 orang kurir sabu dan ekstasi yang ditangkap BNNP Sumsel (Raja Adil/detikcom)
Foto: Kondisi sidang virtual di PN Palembang terkait 3 orang kurir sabu dan ekstasi yang ditangkap BNNP Sumsel (Raja Adil/detikcom)
Palembang -

Tiga orang kurir 49 kg sabu lintas provinsi asal Riau dan Sumatera Selatan (Sumsel) menjalani sidang vonis di Pengadilan Negeri (PN) Palembang hari ini. Dari ketiga kurir, dua di antaranya divonis mati.

Adapun ketiga kurir tersebut adalah Juni Muldianto dan Riyanto divonis mati oleh majelis. Sementara kurir lainnya, Juanda divonis seumur hidup dalam sidang yang berlangsung secara virtual.

"Menjatuhkan pidana mati untuk terdakwa Juni Murdianto dan Riyanto. Selanjutnya terdakwa Juanda divonis pidana penjara seumur hidup," tegas mejelis hakim yang dipimpin Abu Hanifah, Kamis (16/7/2020).

Ketiga majelis hakim secara bulat menilai perbuatan para terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar Pasal 114 ayat (2) UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Hal ini setelah sidang digelar mulai dari terdakwa, saksi hingga alat bukti yang dihadirkan.

"Setelah mendengarkan keterangan saksi-saksi dan fakta-fakta persidangan hakim menilai perbuatan terdakwa memenuhi unsur dalam Pasal 114 ayat (2)," sambung majelis.

Selanjutnya
Halaman
1 2