Pedemo di Depan DPR Sempat Masuk Tol dan Kibarkan Bendera Anarko

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 15:58 WIB
Demo Tolak RUU Ciptaker di depan gedung DPR
Foto: Demonstrasi tolak RUU CIptaker di depan DPR (Kadek Melda Luxiana/detikcom)
Jakarta -

Massa yang berdemonstrasi di depan gedung MPR/DPR melompati pagar pembatas antara jalan tol dengan jalan umum. Mereka ke tengah jalan tol.

Pantauan detikcom di depan gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (16/7/2020) pukul 15.00 WIB, polisi yang berjaga kemudian lari dan ikut melompati pagar dan menertibkan pedemo yang berjalan sambil mengibarkan bendera hitam berlambang anarko.

"Tetap tenang kawan-kawan. Aksi kita ini harus tetap tertib dan terorganisir. Kawan-kawan buruh sepakat? Kawan-kawan mahasiswa sepakat?," kata salah seorang orator dari atas mobil komando.

Pedemo juga awalnya mendorong kawat berduri pembatas barisan. Mereka minta untuk segera dapat masuk ke dalam gedung DPR.

Selain mendorong kawat berduri, massa juga melempar botol minuman plastik ke arah polisi. Meski sempat memanas namun suasana kemudian mampu dikendalikan aparat.

Pedemo nampak berkerumun. Mereka tak menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak.

Diketahui PA 212 dan sejumlah ormas Islam akan melakukan aksi untuk menolak RUU HIP. Sementara para buruh akan melakukan aksi tolak omnibus law RUU Cipta Kerja.

Tonton video 'Perwakilan PA 212 Temui Pimpinan DPR Minta RUU HIP Dibatalkan':

(aud/aud)