Warga yang Masih Nekat CFD di Pantai Losari Akan Langsung Dites Rapid

Ibnu Munsir - detikNews
Rabu, 15 Jul 2020 19:06 WIB
Suasana Pantai Losari 28 Juni 2020
Pantai Losari tetap ramai meski pandemi Corona. (Nur Abdurrahman/detikcom)
Makassar -

Pemerintah Kota Makassar belum membuka car free day (CFD) yang biasa digelar setiap akhir pekan di Pantai Losari karena masih tingginya kasus virus Corona (COVID-19) di Makassar. Meski begitu, ribuan warga Makassar dilaporkan masih tetap memadati Pantai Losari setiap akhir pekan.

"Minggu yang akan datang sekalipun secara car free day itu belum dibuka tapi kenyataannya di Makassar itu di Ujung Pandang itu di Pantai Losari ribuan orang yang datang," ungkap Ketua Satuan Tugas Penegakan Disiplin Gugus Tugas COVID-19 Makassar M Sabri di Posko COVID-19 Makassar, Jalan Nikel, Rabu (15/7/2020).

Gugus Tugas pun mengimbau warga Makassar tidak dulu berkumpul di Pantai Losari pada akhir pekan. Bila masih tetap nekat datang, kata Sabri, warga akan dites Corona.

"Maka mulai hari ini kita imbau dan seterusnya yang tidak memakai masker, yang masuk di Pantai Losari pada hari Minggu maka kita akan melakukan langsung rapid," kata dia.

Ketua Satgas Penegakan Disiplin Gugus Tugas COVID-19 Makassar, M SabriKetua Satgas Penegakan Disiplin Gugus Tugas COVID-19 Makassar, M Sabri. (Ibnu Munsir/detikcom)

Sabri menjelaskan pihaknya akan melakukan rapid test terhadap pengunjung Pantai Losari yang tidak menggunakan masker. Hasil rapid test yang reaktif segera dilakukan isolasi.

"Yang reaktif kita akan isolasi, nanti Dinas Kesehatan yang akan menjawab. Kami akan turun tolong dibantu kami," jelas Sabri.

Pemkot Makassar sendiri meminta masyarakat tetap beraktivitas dengan mematuhi protokol kesehatan. Hal ini penting guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19 mengingat Makassar masih menjadi zona merah.

(elz/ear)