Melawan Polisi, Residivis Pencuri Motor di Bekasi Ditembak di Kaki

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 15 Jul 2020 16:10 WIB
Melawan Petugas, Residivis Pencuri Motor di Bekasi Ditembak di Kaki
Foto: Isal Mawardi/detikcom
Kabupaten Bekasi -

Polisi menangkap seorang pelaku pencurian motor di Kabupaten Bekasi, Jakarta Barat. Pelaku bernama Nurman diketahui merupakan residivis kasus serupa.

"Alhamdulillah kita sudah menangkap satu orang pelaku, ada dua (pelaku total), 1 lagi DPO yang masih kita kejar. Pelaku residivis," ujar Kapolsek Setu AKP Dedi Herdiana, di Polsek Setu, Kabupaten Bekasi, Rabu (15/7/2020).

Kasus ini terungkap ketika pelaku bersama rekannya, Rudi Atmadipa, melakukan pencurian di Desa Cijengkol, pada Kamis (9/7). Namun, motor korban terlacak berkat GPS.

Setelah ditelusuri, pelaku terlacak di daerah Karawang. Pelaku berhasil diamankan pada Sabtu (11/7).

"Pada saat penangkapan itu, mereka berusaha melawan dan melarikan diri akhirnya kita melakukan tindakan tegas dan terukur," kata Dedi.

Nurman berhasil ditangkap, sementara Rudi melarikan diri. Pelaku, sebut Dedi, telah beraksi di wilayah Setu sebanyak 10 kali. Pelaku diketahui sebagai spesialis pencurian sepeda motor.

"Modus pelaku bersama DPO yang satunya, dengan cara berboncengan, mereka mencari target, setelah ada katakanlah motor-motor yang bisa diambil, mereka menggunakan kunci leter T," imbuh Dedi.

Pelaku tak segan-segan melukai korbannya. Pelaku melengkapi dirinya dengan senjata tajam saat beraksi.

"Pelaku tidak segan-segan melukai korban, membacok korban. Senjata celurit dan golok," ungkap Dedi.

Barang bukti yang diamankan adalah 1 unit sepeda motor, satu unit kunci T, satu buah ponsel, dan lain-lain. Pelaku dijerat Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

(isa/mea)