Diduga Korsleting Listrik, 8 Rumah di Maros Sulsel Dilahap Si Jago Merah

Moehammad Bakrie - detikNews
Rabu, 15 Jul 2020 14:24 WIB
Kebakaran 8 rumah di Maros, Sulsel (Bakrie-detikcom).
Foto: Kebakaran 8 rumah di Maros, Sulsel (Bakrie-detikcom).
Maros -

Delapan rumah di kompleks padat penduduk di Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel) nyaris rata dengan tanah setelah dilahap si jago merah. Diduga, kebakaran itu disebabkan adanya korsleting listrik dari salah satu rumah.

Kebakaran itu terjadi di persimpangan Jalan Taufiq dan Jalan Taqwa pada Rabu (15/7/2020) siang. Api dengan cepat menjalar karena angin sedang bertiup kencang.

Warga yang panik sempat berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Namun api tetap saja membesar dan langsung membakar rumah warga lainnya.

"Apinya dari rumah belakang dulu, terus menjalar ke rumah yang ada di depannya. Katanya sih karena korsleting listrik. Ini juga karena angin kencang makanya apinya cepat sekali berpindah karena rumah juga saling berdempetan," kata seorang warga, Ismail di lokasi kejadian.

Beberapa saat kemudian 6 unit pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian, namun api sudah terlanjur membesar dan membakar 8 rumah warga.

"Totalnya ada 8 rumah, tapi hanya 4 rumah yang terbakar habis, sisanya itu hanya kerusakan ringan saja. Kita terjunkan 6 unit mobil pemadam dan saat ini masih melakukan proses pendinginan," kata Kabid Damkar Maros, Lotang.

Selain karena angin yang bertiup kencang, padatnya warga yang berkumpul juga sempat menyulitkan petugas pemadam kebakaran yang ingin menerobos masuk ke titik api. Selama hampir satu jam, petugas pun berhasil menguasai api hingga tidak menjalar luas.

"Iya tadi juga banyak sekali orang yang berkumpul dan menyulitkan mobil kami masuk ditambah dengan angin juga kencang. Hampir satu jam lah kita melakukan penyiraman hingga api betul-betul bisa kami kuasai dan tidak menjalar lagi ke rumah lain," lanjutnya.

Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa ini. Namun banyak barang berharga yang tidak sempat diselamatkan oleh pemilik rumah.

Tonton video 'Kebakaran Rumah di Tebet Jaksel, 13 Unit Damkar Meluncur':

(nvl/nvl)