Menakar Peluang Pertarungan Duo Nasution di Pilkada Medan

Haris Fadhil - detikNews
Rabu, 15 Jul 2020 12:10 WIB
Ilustrasi Medan -- Tugu titik nol Kota Medan (Haris Fadhil/detikcom)
Foto: Ilustrasi Medan (Haris Fadhil/detikcom)
Medan -

Suasana politik di Kota Medan mulai bergeliat jelang Pilkada 2020. Arah dukungan dari partai politik yang memiliki kursi di DPRD Medan ke para bakal calon wali kota mulai terlihat. Akankah ada pertarungan antara 'pemain lama' vs 'pendatang baru' di Pilkada Medan?

Setelah pemerintah memutuskan bakal menggelar Pilkada serentak pada 9 Desember 2020, setidaknya ada dua nama bakak cawalkot Medan yang terlihat bergerak ke sana ke mari mencari dukungan. Nama pertama adalah Akhyar Nasution yang merupakan Plt Wali Kota Medan dan nama kedua adalah pengusaha sekaligus menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution.

Menguatnya dua nama dalam bursa cawalkot Medan inilah yang dinilai bisa memunculkan pertarungan 'pemain lama' vs 'pendatang baru'. Akademisi dari Departemen Ilmu Politik FISIP USU, Indra Fauzan PhD, menjelaskan soal peluang duo Nasution yang juga kader PDIP itu saling berhadapan di Pilkada Medan.

"Kalau kita lihat tagline Akhyar, dia kan orang birokrat lama. Sementara Bobby penantang baru, anak muda, punya potensi, kalau kita lihat mencoba mengungkap dengan tagline kolaborasi, khas anak muda berusaha merangkul semua kalangan. Tinggal masyarakat medan melihat seperti apa, apakah dengan anak muda yang mungkin punya harapan baru ke depan, atau dengan istilahnya punya perjalanan panjang dalam birokrasi," kata Indra, Rabu (15/7/2020).

Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution (Datuk Haris Molana-detikcom)Foto: Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution (Datuk Haris Molana-detikcom)

Sebagai informasi, Akhyar telah mendapat dukungan dari Demokrat untuk maju di Pilkada Medan. Akhyar juga telah bertemu PKS dan mengatakan ada kemungkinan bakal sejalan di Pilkada Medan. Jika koalisi PKS-Demokrat yang berjumlah 11 kursi benar terwujud, maka Akhyar bisa maju sebagai cawalkot Medan.

Sementara itu, Bobby sejauh ini telah mendapat dukungan dari Golkar dan NasDem. Kedua partai ini memiliki masing-masing empat kursi di DPRD. Bobby juga telah bertemu dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan hingga Ketum Gerindra Prabowo Subianto terkait Pilkada Medan. Selain itu, menantu Jokowi ini masih menantikan pengumuman PDIP soal siapa cawalkot yang diusung pada Pilkada Medan.

Selanjutnya
Halaman
1 2