Beda Kasus Hana Hanifah dengan Vanessa Angel

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 15 Jul 2020 12:08 WIB
Foto Hana Hanifah (Datuk Haris Molana-detikcom)
Foto: Hana Hanifah (kerudung biru). (Datuk Haris Molana-detikcom)
Medan -

Sebelum Hana Hanifah, artis lain yang pernah terjerat kasus prostitusi yakni Vanessa Angel. Hana Hanifah berstatus saksi di Polrestabes Medan. Sementara Vanessa Angel yang diamankan di Surabaya, Jawa Timur pada 2019 lalu sebagai tersangka lalu kemudian divonis bersalah. Apa bedanya?

Kapolrestabes Medan, Kombes Riko Sunarko menjelaskan alasan Hana Hanifah yang menerima uang Rp 20 juta terkait dugaan prostitusi menjadi saksi. Menurut polisi, Hana menjadi orang yang menjadi yang 'diperdagangkan' dalam kasus ini.

"Dia objek yang 'diperdagangkan'," kata Kombes Riko Sunarko, di Medan, Selasa (14/7/2020).

Namun, lain cerita jika Hana 'menawarkan' diri untuk prostitusi secara daring. Riko mengatakan Hana bisa turut dijerat sebagai tersangka jika ada bukti hal tersebut dilakukannya.

"Mungkin aja jika dia aktif menawarkan dirinya," tutur Riko.

Sementara, kasus Vanessa Angle bergulir saat awal tahun 2019 lalu. Dalam perjalanannya, polisi menetapkan Vanessa Angel sebagai tersangka dan ditahan.

Apa beda kasus Vanessa dengan Hana? Perbedaan intinya adalah Vanessa melakukan tindakan berupa mengirimkan foto tidak senonoh kepada muncikari. Tindakan ini masuk dalam pelanggaran UU ITE.

Status Vanessa awalnya sebagai saksi korban karena menjadi salah satu penyedia layanan. Namun kemudian berubah menjadi tersangka dengan jeratan pasal UU ITE.

Tonton video 'Video Detik-detik Hana Hanifah Dipulangkan dari Polrestabes Medan':

Selanjutnya
Halaman
1 2