11 Keutamaan Sholawat Nabi Lengkap dengan Hadist Perintahnya

Puti Yasmin - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 19:00 WIB
Kairo sunset
Foto: iStock/11 Keutamaan Sholawat Nabi Lengkap dengan Hadist Perintahnya
Jakarta -

Ada beberapa bentuk ibadah umat kepada Allah SWT, salah satunya sholawat. Ibadah ini memiliki banyak keutamaan sholawat bagi kehidupan dunia dan juga akhirat.

Allah SWT memerintahkan orang-orang yang beriman untuk bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW sebagai tanda cinta dan hormat. Hal itu tertulis dalam Quran surat Al Ahzab ayat 56 yang berbunyi:

Arab: اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Latin: innallāha wa malā`ikatahụ yuṣallụna 'alan-nabiyy, yā ayyuhallażīna āmanụ ṣallụ 'alaihi wa sallimụ taslīmā

Artinya: Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawat lah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.

Selain itu, ada juga hadits-hadits tentang keutamaan sholawat yang diriwayatkan oleh Rasulullah SAW. Salah satunya, malaikat mendoakan keselamatan bagi yang membacanya.

Dalam hadist riwayat Ibnu Majah dan Thabrani, Rasulullah SAW bersabda, "Kalau seseorang bersholawat kepadaku, malaikat juga akan mendoakan keselamatan yang sama baginya. Untuk itu, bersholawat lah meski sedikit atau banyak."

Adapun, dikutip dari buku 'Love Banget Sama Sholawat' terbitan Pustaka Oasis, bacaan sholawat ada yang panjang dan pendek. Untuk sholawat panjang seperti yang dicontohkan Rasulullah dalam hadist riwayat Bukhari,

Latin: Allahumma shalli ala muhammadin wa ala ali muhammadin kama shallaita ala ibraahiim wa ala ali ibraahiim innaka hamidun majid. Allahumma baa rik ala muhammadin wa ala ali muhammadin. Kama baa rak ta ala ibraahiim wa ala ali ibraahiim innaka hamidun majid.

Artinya: Ya Allah, berikan lah sholawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberikan sholawat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Ya Allah, berikan lah berkah kepada Muhammad, dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberikan berkah kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia.

Contoh bacaan sholawat pendek adalah "Allahumma sholli ala muhammad wa ala ali muhammad. Shallallahu alaihi wasallam. Alaihish shalahu wasallam. Allahumma shalli wasallim alaihi."

Berikut keutamaan sholawat nabi dikutip dari buku 'Mukjizat Shalawat' karya Habib Abdullah Assehgaf Lc, MA, dan Hj Indriya R Dani SE:

1. Menaati Perintah Allah

Membaca sholawat artinya menaati perintah dari Allah SWT. Hal itu sesuai dengan firman Allah dalam Quran surat Al Ahzab ayat 56 bahwa sholawat adalah doa yang ditujukan kepada Rasulullah SAW sebagai bukti cinta dan hormat kepadanya.

2. Keselarasan Allah SWT

Keutamaan sholawat yang kedua adalah keselarasan Allah SWT dalam bersholawat atas Rasulullah. Meskipun sholawatnya berbeda, sholawat kita atas-Nya bermuatan doa dan permohonan. Sedangkan sholawat Allah atasnya bermuatan pujian dan pengagungan.

3. Mendapat 10 Sholawat dari Allah SWT

Allah SWT juga akan memberikan 10 sholawat kepada yang membaca sholawat. Hal itu sesuai dengan hadist riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda, "Orang bersholawat kepadaku satu kali, Allah akan bersholawat kepadanya sepuluh kali."

4. Diangkat 10 Derajat oleh Allah SWT

Dalam hadist Rasulullah, Allah SWT akan mengangkat 10 derajat pembaca sholawat. "Barangsiapa bersholawat satu kali, Allah akan memberi sepuluh rahmat sama dengan sepuluh derajat baginya."

5. Tulis 10 Kebaikan dan Dihapus 10 Keburukan

Allah SWT akan memberikan 10 rahmat apabila bersholawat satu kali. Kemudian, Allah juga akan menghapuskan keburukan sebanyak 10 dari sang pembaca.

6. Penghantar Doa Diijabah

Sholawat bisa menjadi penghantar agar doa diijabah oleh Allah SWT. Mengawali doa dengan sholawat diharapkan akan diijabah karena sholawat yang akan mengantarkan doanya di sisi Allah SWT.

7. Ampunan Dosa

Penghapusan 10 dosa dalam membaca sholawat menjadi ampunan dosa dari Allah SWT kepada umatnya. Sholawat menjadi kifarat yang menghapus dosa kita.

8. Dekatkan Diri dengan Rasulullah di Hari Kiamat

Keutamaan sholawat bisa mendekatkan umat Islam kepada Rasulullah di hari Kiamat kelak. Pasalnya, pembaca sholawat kelak akan mendapatkan syafaat dari Rasulullah di akhirat.

9. Jadikan Pemenuhan Hajat

Dengan ikhlas bersholawat kepada Rasulullah, niscaya Allah akan memenuhi hajat-hajat kita. Sebab, membaca sholawat dapat mencukupkan apa yang diinginkan manusia.

10. Jadi Zakat

Hakikat zakat sendiri adalah menyucikan diri. Dengan bersholawat, seseorang telah menyucikan dirinya karena Allah SWT menghapuskan 10 dosa dan menulis 10 kebaikan.

Selain itu, Allah juga menjadikan sholawat sebagai sedekah bagi orang yang tidak mampu bersedekah.

11. Sebagai Pengingat

Keutamaan sholawat yang terakhir adalah sebagai pengingat apa yang menjadi lupa. Sholawat ibarat salat yang berarti mengingat terus menerus kepada Allah SWT. Dengan terus bersholawat kita akan terus diingatkan untuk tidak melupakan-Nya.

(pay/erd)