Bacaan Sholawat Fatih Arab, Latin, dan Artinya

Rosmha Widiyani - detikNews
Kamis, 04 Jun 2020 07:16 WIB
ilustrasi nabi muhammad
Foto: iStock/Bacaan Sholawat Fatih Arab, Latin, dan Artinya
Jakarta -

Ibadah sholawat yang berisi doa untuk Nabi Muhammad SAW akan membawa berkah bagi muslim yang rutin melakukannya. Berbagai versi sholawat sangat mudah ditemukan umat Islam di berbagai media.

Salah satunya adalah Sholawat Fatih yang disebut dalam kitab Perukunan Melayu. Berikut bacaan Sholawat Fatih dalam bahasa Arab, latin, dan Artinya.

Arab latin: Allahumma shalli 'ala sayyidina Muhammadinil Fatihi lima ughliqa, wal khatimi lima sabaqa, nashiril haqqā bil haqqi, wal hadi ila 'shiratikal mustaqim' wa 'ala alihī, wa ashhabihi haqqa qadrihi wa miqdarihil 'azhīm.

Artinya: "Ya Allah, limpahilah rahmaat ke atas junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, yang membukakan apa yang tertutup, yang menamatkan apa yang terdahulu, yang membela kebenaran dengan kebenaran, yang memberi petunjuk dengan jalanMu yang lurus. Dan ke atas keluarganya bersesuaian dengan pangkat dan kedudukannya yang tinggi."

Manfaat membaca sholawat telah beberapa kali diingatkan para ulama, termasuk Ustaz Yusuf Mansur dalam situsnya. Dalam tulisan berjudul Shalawat itu Amalan Hebat, dia menyarankan membaca sholawat dengan penuh cinta.

"Sholawat itu doa. Sedang kalo doa, kembali lagi pada yang mendoakan. Kiranya, kalau mendoakan Nabi? Doa buat Nabi, kembali ke kita. Wow. Sholawat pun amalan hebat. Gak perlu wudhu, gak perlu niat. Walau tentu kalau wudhu jauh lebih baik dan hebat sebab Allah pun bersholawat," tulis Ustaz Yusuf Mansur.

Ustaz Yusuf Mansur menjelaskan, para malaikat pun membaca sholawat. Penghuni alam semesta, semua cinta Nabi dan semua bershalawat. Kecuali mereka yang kafir, bodoh, dan malas.

Dengan sholawat, doa pun menjadi makbul sebab sebelum dan sesudah berdoa kita menyebut nama Rasul dengan penuh pemuliaan dan penghormatan. Ustaz Yusuf Mansur mengingatkan, Allah SWT paling suka hamba-hambaNya mencinta yang dicintaiNya.

Allah SWT paling demen sama hamba-hambaNya yang mendoakan kekasihNya. Siapa saja yang berdoa dengan menyebut nama Muhammad, sholla 'alaih, maka doa itu sungguh tak terhalang.

(row/erd)