Jokowi Mau Rampingkan Lembaga, Ketua PDIP Sorot Penjaga Laut

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 15 Jul 2020 08:56 WIB
Ketua DPP PDIP Nusyirwan Soejono
Foto: Ketua DPP PDIP Nusyirwan Soejono (dok.Istimewa)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana merampingkan 18 lembaga dan komisi. Ketua DPP PDI Perjuangan Nusyirwan Soejono menyoroti para 'penjaga laut'.

"Langkah tepat melakukan perampingan lembaga dan sekaligus menyatukan banyak lembaga dengan tugas pokok sama. Seperti yang terjadi di wilayah perairan laut, untuk pengamanan, penjagaan dan keselamatan pantai terdapat lebih dari satu institusi/lembaga," kata Nusyirwan Soejono kepada wartawan, Rabu (15/7/2020).

Ada beberapa lembaga yang mengurusi bidang kelautan yakni Badan Keamanan Laut (Bakamla), Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai Indonesia Kementerian Perhubungan, TNI Angkatan Laut, Kepolisian Perairan dan Udara Kepolisian RI serta Pengawas Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Nusyirwan menilai penyederhanaan para penjaga laut dapat mendorong kinerja dan efisiensi dalam menjalankan tugas. Dia juga menyebut peleburan penjaga laut akan meningkatkan kepercayaan internasional.

"Karena di samping untuk efisiensi dan efektivitas kerja lembaga, juga memperjelas untuk tidak saling lempar tanggung jawab dalam tugas kerja di lapangan. Juga menjaga kepercayaan internasional, berkaitan dengan ketentuan transportasi yang berlaku internasional," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2