Sebelum Masuk SD, Anak di Payakumbuh Wajib Ikut PAUD atau TK

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 15 Jul 2020 01:22 WIB
Memperingati Hari Dongeng Sedunia, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), menggelar acara dongeng bersama. Acara itu diikuti oleh puluhan anak PAUD.
Ilustrasi anak-anak (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Anak di Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) yang ingin masuk ke sekolah dasar (SD) diwajibkan mengikuti pendidikan anak usia dini (PAUD) atau satuan yang setara lainnya. Aturan ini didasarkan pada peraturan wali kota (perwako).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Agustion, mengatakan kewajiban mengikuti PAUD ditetapkan dalam Perwako Nomor 88 Tahun 2019 yang disahkan Desember 2019.

"Pada perwako tersebut berisi tentang peraturan pelaksanaan Perda Nomor 10 Tahun 2018 yang memuat PAUD Pra SD dan PAUD Holistik Integratif," kata Agustion didampingi Kasi PAUD Syafni Hasni, Selasa (14/7/2020) seperti dilansir Antara.

Dia mengatakan seorang anak yang hendak masuk SD tidak harus sekolah di PAUD. Dia mengatakan anak-anak juga bisa mengikuti pendidikan sejenis PAUD seperti Taman Kanak-kanak (TK), Raudatul Athfal (RA)/Bustanul Athfal (BA), Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), dan Satuan PAUD Sejenis (SPS).

Agustion mengatakan dalam Perwako ini ada penekanan yang mengatur pengembangan anak usia dini holistik integratif. Pengembangan tersebut meliputi pendidikan, kesehatan, sosial, pengasuhan, penyuluhan, fasilitasi, dan perlindungan anak.

"Sudah disosialisasikan bersama camat, lurah, KAN, dan LPM pada Januari 2020 dan sudah diawali dengan pelaksanaan PAUD Integrasi Bina Keluarga Balita (BKB) dan posyandu," sebutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2