Kejagung Periksa Puluhan Karyawan Manajer Investasi Terkait Kasus Jiwasraya

Yulida Medistiara - detikNews
Selasa, 14 Jul 2020 21:45 WIB
gedung kejagung
Gedung Kejagung (Foto: dok detikcom)
Jakarta -

Pemeriksaan kasus dugaan korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Jiwasraya (Persero) oleh Kejaksaan Agung masih berlanjut. Hari ini penyidik memeriksa dua saksi pejabat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta 23 karyawan perusahaan Manajer Investasi untuk mendalami tersangka korporasi.

"Tim Jaksa Penyidik pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung RI, kembali melakukan pemeriksaan saksi yang terkait dengan perkara tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT. Asuransi Jiwasraya (persero) berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Nomor : Print-33/F.2/Fd.1 /12/2019 tanggal 27 Desember 2019 dan pemeriksaan saksi perkara dengan Tersangka Korporasi dan oknum pejabat OJK," kata Kapuspenkum Kejagung, Hari Setiyono, dalam keterangannya, Selasa (14/7/2020).

Adapun saksi yang diperiksa berbeda-beda untuk tiap tersangka. Hari menuturkan saksi untuk tersangka oknum OJK Fakhri Ilmi yang diperiksa adalah I Made Bagus Tirthayatra selaku Deputi Direktur Perijinan Pengelolaan Investasi OJK, Hidayat Prabowo selaku Deputi Komisioner Audit Internal Management Resiko Dan Pengendalian.

Sementara saksi untuk tersangka korporasi PT GAP Capital, yang diperiksa, yaitu Rosita selaku extraditing Sekuritas Dan Agent Lepas di Mirae Asset, Meitawati Edianingsih selaku Intitutional Equaty Sales PT.Tri Mega Securities. Sedangkan saksi yang diperiksa untuk tersangka korporasi PT. OSO MANAGEMENT INFORMASI yaitu, Lies Lilia Djamin selaku Mantan Direktur PT. Oso Management Investasi.

Selanjutnya jaksa juga memeriksa saksi untuk tersangka Korporasi PT. P00l Asset Management yaitu, Paroyo selaku Komisaris PT.Pool Advista Asset Management, yaitu Yudi Hardi H Selaku Koordinator Fungsi Akuntansi Dan Keuangan PT.Pool Advista Asset Management, Ronald Abednego Sebayang selaku Komisaris PT.Pool Advista Asset Management.

Saksi untuk Tersangka Korporasi PT. Pinnacle Persada Investama yang diperiksa yaitu, Boy Jafri Kepala Bagian Dana PT.Asuransi Jiwasraya, Brmantyo selaku Kepala Pasar Modal PT.Asuransi Jiwasraya, Julius Emerson selaku Kepala Divisi Operasional PT.Bank BNI. Sementara saksi yang diperiksa untuk tersangka PT. Asuransi Jiwasraya, yaitu Lim Kin Siah selaku Periden Direktur PT.CGS CIMB Sekuritas Indonesia.

Selanjutnya
Halaman
1 2