Menag Cerita Awal Virus Corona Dianggap Enteng hingga Jadi Pandemi Global

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 14 Jul 2020 13:32 WIB
Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi
Menag Fachrul Razi (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi bercerita mengenai awal mula pandemi Corona muncul di Wuhan, China, pada 2019. Fachrul menyebut Corona saat itu dianggap enteng oleh kebanyakan orang di berbagai belahan dunia, namun saat ini virus itu dicap berbahaya karena sudah memakan banyak korban jiwa.

Hal itu dikatakan Menag Fachrul dalam 'Diskusi Virtual Nasional Lintas Iman', Selasa (14/7/2020). Fachrul mengaku masih ingat betul awal mula Corona muncul di Wuhan.

"Memang kita pada akhir tahun 2019, memang kita dikejutkan oleh sebuah berita yang disampaikan China kepada WHO. Saya masih ingat tanggalnya 31 Desember 2019 yang menyampaikan tentang adanya sebuah wabah, yang kemudian dinamakan wabah Corona atau COVID-19 di Wuhan China," kata Fachrul.

Fachrul menyebut saat itu setiap orang masih menganggap enteng virus itu. Namun saat ini virus itu dianggap berbahaya karena bisa mematikan.

"Waktu itu memang masih dianggap enteng, tapi ternyata dalam waktu yang sangat singkat sudah merambat ke lebih dari 200 negara di dunia. Juga telah menularkan lebih dari 11 juta manusia, dan telah menimbulkan korban lebih dari setengah juta manusia," ucapnya.

Fachrul mengatakan virus Corona menyebar secara cepat ke beberapa negara hingga ke daerah-daerah kecil. Dia meminta setiap masyarakat bekerja keras untuk memerangi virus Corona ini.

"Wabah ini melakukan pergerakan lintas negara, lintas provinsi, lintas kabupaten kota, lintas kecamatan, lintas desa, dan lintas agama dan budaya, etnis dan sebagainya. Oleh sebab itu, kita kemudian bergembira, meskipun kita dihadapkan dengan wabah, tapi kemudian semua kita kerja keras bersama untuk mengatasinya," ucap Fachrul.

Tonton video 'Kekebalan Tubuh Usai Sembuh Covid-19 Disebut Sementara':

Selanjutnya
Halaman
1 2