Mengenal Makna Logo Universitas Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 14 Jul 2020 11:14 WIB
Kampus UI Depok
Foto: Kampus UI Depok (dok UI)
Jakarta -

Siapa yang tidak kenal dengan logo Universitas Indonesia yang populer itu? Hampir setiap pelajar di seluruh Indonesia memiliki impian agar bisa berkuliah di salah satu kampus kebanggaan Indonesia ini. Logo yang identik dengan warna kuning dari universitas ini disebut dengan nama Makara dengan beberapa gambar di dalamnya yang sarat sekali dengan makna.

Walaupun sudah banyak orang yang mengetahui logo dari universitas ini, namun banyak juga detikers yang belum mengetahui makna dari setiap gambar di dalam logo Universitas Indonesia tersebut. detikcom akan mencoba mengenalkannya kepada detikers semua agar semakin dekat dengan kampus kebanggaan ini.

Makna Lambang Makara UI

Diketahui bahwa lambang makara Universitas Indonesia pertama kali diciptakan pada tahun 1952 oleh Sumartono mahasiswa jurusan Seni Rupa, Fakultas Teknik angkatan 1951. Ide dasar dari lambang tersebut adalah kala-makara yang berarti perpaduan antara dua kekuatan yang berada di alam.

Kala diartikan sebagai sebuah kekuatan yang berada di atas atau kekuatan matahari. Sedangkan makara diartikan sebagai kekuatan di bawah atau kekuatan bumi. Dan pada akhirnya keduanya digabungkan menjadi logo yang melambangkan dari Universitas Indonesia (UI), yang mana menjadi sumber ilmu pengetahuan yang untuk kemudian hasilnya akan menyebar ke berbagai penjuru.

Cabang Dan Kuncup

Cabang dan kuncup di dalam logo Universitas Indonesia ini melambangkan sebagai pohon ilmu pengetahuan dengan cabang-cabang ilmu pengetahuan. Sedangkan kuncup yang berada di logo tersebut suatu hari akan mekar dan memunculkan cabang-cabang ilmu pengetahuan yang baru. Dalam hal ini Sumartono yang merupakan pencipta lambang UI menyatakan bahwa cabang-cabang tersebut akan berkembang yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemajuan zaman.

Makara

Lambang makara inilah yang mengalirkan air dan memiliki makna bahwa hasil yang memancar ke berbagai penjuru. Makna tersebut adalah Universitas Indonesia yang sebagai sumber ilmu pengetahuan dan nantinya akan menghasilkan sarjana-sarjana yang cerdas, terampil, penuh ketakwaan, berbudi luhur, berkepribadian, bersikap terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi serta masalah yang dihadapi oleh masyarakat, dan mampu untuk menyelesaikan sesuai dengan kaidah akademik di mana saja mahasiswa UI tersebut berada.

Latar Warna Yang Beragam

Jika detikers melihat mahasiswa UI yang menggunakan jas khas Universitas Indonesia yang berwarna kuning, namun latar warna dari logo Universitas Indonesia yang berbeda-beda, maka jangan dulu merasa ragu. Karena hal tersebut memang sengaja dan memiliki makna di dalamnya.

Di mana warna-warna tersebut menunjukkan 14 fakultas yang ada di Universitas Indonesia. Seperti warna oranye untuk fakultas ilmu sosial dan politik (FISIP), warna biru untuk fakultas teknik, warna merah untuk fakultas hukum, warna hijau untuk fakultas kedokteran, dan sebagainya.

Jadi, warna-warna logo yang berbeda tersebut sangatlah unik. Namun tetap saja mereka adalah bagian dari keluarga besar Universitas Indonesia yang sedang berjuang untuk menuntut ilmu di universitas tertua dan populer di Indonesia tersebut.

Bagi detikers yang memiliki mimpi untuk bisa menjadi salah satu mahasiswa di Universitas Indonesia sudah sangat tepat sekali dengan memilih universitas yangsudah diakui kualitas dan keunggulannya baik nasional maupun internasional tersebut. Jadi, akan semakin baik lagi jika dapat mengetahui makna dari logo Universitas Indonesia sejak sekarang. Sehingga detikers akan lebih termotivasi untuk bisa menjadi salah satu mahasiswa di dalamnya.

(erd/erd)