Round-Up

Target Baru Presiden Demi Capai 30 Ribu Tes Spesimen

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 14 Jul 2020 08:00 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memasang target baru agar ada 30 ribu spesimen terkait Corona diperiksa dalam sehari. Demi tercapainya target baru tersebut, Jokowi meminta ada penambahan laboratorium di daerah.

"Untuk tes, harus ditingkatkan jumlah PCR test dengan menambah lab-lab yang ada di daerah plus mobile lab PCR," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas Percepatan Penanganan Dampak Pandemi COVID-19 di Istana Merdeka, Senin (13/7/2020).

"Yang kita harapkan target yang sesuai saya sampaikan bisa tercapai, 30 ribu," sambungnya.

Jokowi menekankan pentingnya 3 T yaitu 'testing, tracing, treatment' dalam penanganan penyebaran virus Corona saat ini. Secara khusus, Jokowi juga meminta penerapan 3T diprioritaskan di delapan provinsi yakni Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan Papua.

"Tracing penelusuran untuk ODP maupun PDP, kemudian memberikan isolasi mandiri dan treatment ini peningkatan fasilitas kesehatan rumah sakit khususnya bed, APD, obat-obatan, ventilator, kamar isolasi yang ini juga masih memerlukan tambahan-tambahan untuk provinsi-provinsi yang tadi sebut," kata Jokowi.

"Saya minta ini diberikan prioritas khusus untuk testing, tracing, dan treatment ini di delapan provinsi," ungkapnya.

Jokowi sebelumnya menargetkan minimal 10 ribu spesimen Corona diperiksa tiap harinya. Target tersebut bisa dicapai. Tercatat selama enam hari berturut-turut atau dalam kurun 27 Mei-1 Juni 2020, spesimen yang diuji selalu di atas 10 ribu.

Capaian tersebut diapresiasi, lalu Jokowi menaikkan target lagi. Dia minta 20 ribu spesimen diperiksa setiap harinya. Jokowi menyampaikan hal tersebut saat mengawali rapat terbatas (ratas) seperti disiarkan dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (4/6) lalu.

Terhitung, sejak awal Juni 2020, spesimen Corona yang diuji terus naik. Pemerintah akhirnya berhasil melampaui target pengujian spesimen 20 ribu per hari pada Kamis (18/6). Saat itu diumumkan ada 20.650 spesimen terkait Corona yang diperiksa. Selain melampaui target Jokowi, jumlah tersebut jadi pencapaian tertinggi selama itu.

Tonton video 'Jokowi Targetkan 30 Ribu Tes Corona di 8 Provinsi':

Selanjutnya
Halaman
1 2