PWI Kecam Pihak yang Lecehkan Wartawan dengan Fitnah Fasilitas Undangan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 14 Jul 2020 07:57 WIB
Ilham Bintang
Ketua DK PWI Pusat Ilham Bintang (Lisye/detikcom)
Jakarta -

Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (DK PWI) mengecam pihak yang melecehkan kredibilitas wartawan serta media pers lewat isu fitnah fasilitas undangan. Isu itu muncul terkait viralnya daftar wartawan dalam konteks Menteri Kelautan dan Perikanan terdahulu, Susi Pudjiastuti.

"Asumsi itu jahat sekali. Itu pelecehan kemampuan profesional dan integritas wartawan dan kredibilitas media pers," kata Ketua DK PWI Pusat Ilham Bintang dalam siaran pers tertulis berjudul 'DK PWI PUsat Kecam Pihak yang Melecehkan Kredibilitas Wartawan dan Media Pers', Selasa (14/7/2020).

Peringatan Ketua DK-PWI itu disampaikan Senin (13/7) siang dan disampaikan PWI lewat siaran pers 'DK PWI Pusat Kecam Pihak yang Melecehkan Kredibilitas Wartawan dan Media Pers' pada Selasa (14/7/2020).

Peringatan Ilham Bintang tersebut menanggapi beredarnya daftar nama pemimpin redaksi yang memenuhi undangan perjalanan ke luar negeri Menteri KKP Pudjiastuti beberapa waktu lalu. Namun ada pihak yang tidak bertanggung jawab mem-framming daftar undangan perjalanan sedemikian rupa. Seakan tiket maupun hotel selama perjalanan yang ditanggung pemerintah dianggap sebaga suap.

Ilham Bintang mengingatkan pihak pihak tertentu agar menghentikan penyebaran insinuasi dan fitnah yang bertujuan merusak kredibilitas wartawan dan media pers cetak, online, maupun elektronik, lebih-lebih yang tengah melaksanakan fungsi kontrol mengkritisi kebijakan pemerintah.

"Data yang berasal dari Kementrian Kelautan dan Perikanan itu insinuatif seolah olah menggambarkan pemberian suap padahal itu adalah dana perjalanan jurnalistik bersama Menteri KKP Susi Pudjiastuti," kata Ilham.

Tonton video 'Wartawan Palestina Jadi Sasaran Kekerasan Tentara Israel':

Selanjutnya
Halaman
1 2 3