Analisis Pakar soal Corona Sumsel Tembus 2.653: Penularan di RS-Kasus Impor

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 15:04 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono/detikcom
Palembang -

Kasus positif COVID-19 atau virus Corona di Sumatera Selatan tercatat terus mengalami peningkatan. Sampai saat ini, tercatat ada 2.653 orang positif Corona di Sumsel.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Sumatera Selatan, Yusri, meminta warga tetap menerapkan protokol kesehatan. Terutama ketika beraktivitas di luar rumah.

"Protokol kesehatan ini harus dilaksanakan ketika kita beraktivitas di luar rumah. Tentu ini untuk menegah penularan. Harus selalu pakai masker, mencuci tangan secara rutin dengan sabun dan air mengalir," kata Yusri, Senin (13/7/2020).

Selain mencatat kasus positif, Satgas mencatat jumlah kasus sembuh hingga 12 Juli sebanyak 1.287 orang. Satgas mengaku terus berupaya menurunkan kasus positif dan meningkatkan kesembuhan ke seluruh pasien.

"Dari angka itu total kasus meninggal 125 orang. Sementara kasus aktif terdapat kini tercatat ada 1.241 orang," katanya.

Akademisi mikrobiologi sekaligus Juru Bicara Satgas COVID-19, Prof Yuwono, punya analisis soal peningkatan kasus ini. Dia menyebut ada beberapa faktor penyebab tingginya kasus positif di Bumi Sriwijaya. Salah satunya ada penularan di RS.

"Tingginya kasus positif untuk di Sumatera Selatan ada beberapa faktor. Pertama soal tracking kasus, kedua soal kasus yang tak dilaporkan sekarang dilaporkan, ketiga ada penularan masih di rumah sakit dan yang terakhir kasus impor," kata Yuwono.

Tonton video 'Penularan Covid-19 Mengganas, WHO Masih Optimis Terkendali':

Selanjutnya
Halaman
1 2