Detik-detik Muchdi Pr Gulingkan Tommy Soeharto

Tim detikcom - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 13:02 WIB
Muchdi PR kembali dukung Jokowi
Muchdi Pr (Nadia Permatasari W/detikcom)

Munaslub pilih Muchdi Pr

Apakah munaslub lantas bubar? Tidak. Munaslub tetap berjalan setelah itu. Malah munaslub berhasil menggulingkan Tommy.

Lewat munaslub itu, Muchdi Pr terpilih menjadi Ketua Umum dan Andi Picunang menjadi Sekretaris Jenderal Partai Berkarya.

"Ketua umum terpilih Mayjen TNI Purn Muchdi Pr dan Sekjen terpilih Badaruddin Andi Picunang sekaligus Ketua dan Sekretaris Formatur dalam Tim Formatur yang terdiri dari 5 (lima) orang yang akan menyusun pengurus DPP Partai Beringin Karya (berkarya) periode 2020-2025," kata Sekjen terpilih Partai Berkarya Badaruddin Andi Picunang dalam keterangan tertulisnya, Minggu (12/7).

Munaslub ini juga membatalkan kebijakan pengurus partai era Tommy. Era Tommy disebutnya mengandung ketersumbatan komunikasi sejak Rapimnas 2018, serta mengandung nilai feodal yang tidak demokratis.

Muchdi PRMuchdi Pr (Bil Wahid/detikcom)



Muchdi Pr dukung Jokowi dan Soeharto

Muchdi Pr segera menegaskan arah politiknya, yakni mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma'ruf Amin. Sikap ini bertolak belakang dengan sikap Berkarya era Tommy.

Sebagaimana diketahui, Muchdi memang pendukung Jokowi pada momen Pilpres 2019. Bahkan Muchdi sempat menghadiri deklarasi dukungan purnawirawan TNI ke Jokowi-Ma'ruf. Tepatnya pada 11 Februari 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri), Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kedua kiri) dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua kanan) meninjau lahan yang akan dijadikan Presiden Joko Widodo (Hafidz Mubarak A/Antara Foto)

Kembali ke munaslub, Berkarya juga ingin agar ayah Tommy, yakni Presiden ke-2 RI Soeharto, menjadi pahlawan nasional. Lewat Munaslub ini pula, Partai Berkarya mengubah nama dan logo kembali menjadi Partai Beringin Karya, disingkat sebagai Berkarya.

Halaman

(dnu/van)