Pegawai Yogya Bogor Junction Jalani Swab Test Corona, Begini Suasananya

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 13:01 WIB
Pegawai Yogya Bogor Junction Jalani Swab Test
Foto: Pegawai Yogya Bogor Junction Jalani Swab Test (Sachril/detikcom)
Bogor -

Pegawai Yogya Bogor Junction hari ini ramai-ramai menjalani swab test. Kegiatan ini dilakukan setelah adanya salah seorang pegawai yang dinyatakan positif Corona (COVID-19).

detikcom memantau Yogya Bogor Junction, Jalan Jendral Sudirman, Bogor Tengah, Senin (13/7/2020). Dari depan terlihat tempat perbelanjaan ini ditutup. Akses keluar-masuk kendaraan juga ditutup dengan rantai besi dan dipasangi 2 traffic cone.

Di bagian samping gedung, di Jalan Sawojajar ada sekuriti yang melakukan penjagaan di area masuk parkiran kendaraan. Di situ ada spanduk imbauan bahwa Yogya Bogor Junction ditutup.

Yogya Bogor JunctionYogya Bogor Junction Foto: Yogya Bogor Junction (Sachril/detikcom)

"Pengumuman kepada pelanggan setia Yogya Bogor Junction terhitung mulai tanggal 13-15 Juli 2020, operasional toko untuk sementara dihentikan," demikian pengumuman di spanduk tersebut. Warga diminta berbelanja di toko lainnya yang terdekat.

Di area gedung ada 1 sekuriti, 2 personel TNI dan 1 polisi melakukan penjagaan. Di lantai 2 gedung ini para pegawai Yogya Bogor Junction sedang melakukan pendataan untuk menjalani swab test. Sebelumnya swab test dilaksanakan di sini, namun kemudian dipindah ke depan area gedung.

"Swab (test) dipindah ke lantai bawah di Jalan Sudirman. Tadi di sini swab (test)-nya," kata salah seorang satu petugas.

Lantai 2 digunakan sebagai tempat untuk mengisi daftar keikutsertaan pegawai menjalani swab test. Tampak puluhan pegawai Yogya Bogor Junction duduk di kursi menunggu giliran dipanggil untuk mengisi daftar keikutsertaan swab test. Ada 7 tenaga medis berpakaian alat pelindung diri (APD) di lantai 2 ini.

Pegawai Yogya Bogor Junction Jalani Swab TestPegawai Yogya Bogor Junction Jalani Swab Test Foto: Pegawai Yogya Bogor Junction Jalani Swab Test (Sachril/detikcom)

Saat dilihat ke tempat pelaksanaan swab test di lantai bawah, sekitar 20 orang petugas medis berpakaian APD lengkap sedang bertugas. Lima meja disiapkan untuk pelaksanaan swab test. Setelah itu, beberapa karyawan turun untuk mengikuti swab test.

Swab test masih berlangsung. Satu tenaga medis secara berkala menyemprotkan disinfektan ke meja tempat karyawan bergantian melakukan swab test.

Pegawai Yogya Bogor Junction Jalani Swab TestPegawai Yogya Bogor Junction Jalani Swab Test Foto: Pegawai Yogya Bogor Junction Jalani Swab Test (Sachril/detikcom)

Sebelumnya, seorang pegawai di Yogya Bogor Junction, Kota Bogor, Jawa Barat, dinyatakan positif Corona (COVID-19). Tempat perbelanjaan ini ditutup sementara.

"Informasinya ada yang terkonfirmasi positif dari pegawai Yogya Junction," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bogor Dedie A Rachim kepada wartawan, Senin (13/7/2020).

Berdasarkan informasi, ada 1 orang pegawai di Yogya Bogor Junction yang dinyatakan positif Corona. Hasil ini diketahui setelah seluruh karyawan mengikuti rapid test yang dilakukan manajemen.

Dedie menyebut, sesuai aturan jika terdapat kasus konfirmasi positif maka tim surveillance Dinkes Kota Bogor bekerja sama dengan Tim Deteksi Wilayah akan melakukan pemetaan. Akan ditelusuri siapa saja dalam 14 hari terakhir yang melakukan kontak dengan pegawai yang positif ini.

Dedie menambahkan, Yogya Bogor Junction juga akan ditutup sementara.

"Ditutup sementara. Mudah-mudahan hasil swab tidak menambah kasus," ujar Dedie.

(hri/hri)