Komisi II DPR Pertimbangkan Usulan KPU 'Putusan MK Final' Masuk UU Pemilu

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 09:14 WIB
Ketua DPW NasDem Jabar Saan Mustopa
Wakil Ketua Komisi II DPR Saan Mustopa (Foto: Mochamad Solehudin)
Jakarta -

Komisi II DPR RI akan mempertimbangkan usulan KPU agar ketentuan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang final dan mengikat masuk Undang-Undang Pemilu yang saat ini revisinya tengah dibahas di DPR. Komisi II mengatakan bahwa saat ini pembahasan revisi UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu terus berlangsung.

"Tentu kita akan masukkan dalam pertimbangan dari KPU terkait putusan MK final dan mengikat masuk dalam UU Pemilu yang sedang kita siapkan," kata Wakil Ketua Komisi II DPR Saan Mustopa saat dihubungi, Minggu (12/7/2020).

Saan menilai memasukkan putusan MK final dan mengikat dalam UU Pemilu akan mempertegas hasil dari sidang sengketa pemilu. Dia menyebut selama ini ada beberapa lembaga yang mengurusi sengketa Pemilu.

"Karena memang terkait dengan usulan itu memang mempertegas, karena ada beberapa dalam praktik di lapangan walaupun dengan sengketa pemilu itu kan juga diserahkan ke MK, MK yang berwenang terkait dengan soal memutuskan terkait soal sengketa pemilu, apakah itu (pemilu) Presiden, legislatif, pilkada. Tapi dalam praktiknya kan masih ada lembaga lain seperti MA, bahkan dalam etik juga ada DKPP," kata dia.

Tonton video 'Komisioner KPU Desak Pembuatan UU Pemilu Dipercepat':

Selanjutnya
Halaman
1 2