Round-Up

6 Fakta Keterlibatan Lurah Grogol Selatan Bikin e-KTP Djoko Tjandra

Tim detikcom - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 08:36 WIB
Lurah Grogol Selatan, Asep Subahan, saat ditemui di kantornya
Lurah Grogol Selatan nonaktif, Asep Subahan (Foto: Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)
Jakarta -

Fakta baru soal keterlibatan Lurah Grogol Selatan nonaktif, Asep Subahan, dalam pembuatan KTP Djoko Tjandra terkuak. Asep dinilai melanggar prosedur dalam penerbitan e-KTP tersebut.

Djoko Tjandra diketahui datang ke Kelurahan Grogol Selatan untuk membuat e-KTP pada 8 Juni 2020. Asep mengaku awalnya tidak tahu bila Djoko Tjandra merupakan terpidana kasus hak tagih (cessie) Bank Bali. Apa yang dilakukannya semata-mata untuk membantu warga mendapatkan e-KTP.

"Saya nggak tahu. Terus dia datangnya dari kelurahan dari luar Indonesia dan sebagainya kita nggak tahu. Makanya warga datang ke kita, seperti itu saja," kata Asep, Senin (6/7/2020).

Pembuatan e-KTP Djoko Tjandra selesai dalam waktu 1 jam 19 menit. Buntut perkara tersebut, Asep kini dinonaktifkan sebagai Lurah Grogol Selatan dan dipindahtugaskan ke kantor Wali Kota Jakarta Selatan.

Teranyar, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan Asep melanggar prosedur saat menerbitkan e-KTP milik Djoko Tjandra. Anies menilai perbuatan Asep fatal dan tidak seharusnya terjadi.

"Laporan investigasi Inspektorat sudah selesai dan jelas terlihat bahwa yang bersangkutan telah melanggar prosedur penerbitan KTP-el tersebut. Ini fatal, tidak seharusnya terjadi. Yang bersangkutan telah dinonaktifkan dan akan dilakukan penyelidikan lebih jauh," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam keterangannya, Minggu (12/7/2020).

Asep disebut berperan aktif yang melampaui tugas dan fungsinya dalam penerbitan KTP-el tersebut. Asep telah bertemu dengan pengacara Djoko Tjandra, pengacara Anita Kolopaking, sampai menyerahkan langsung KTP kepada Djoko Tjandra alias Djoko Sugiarto Tjandra.

"Perbuatan lurah tersebut mengakibatkan operator Satpel Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kelurahan Grogol Selatan dalam menjalankan pelayanan penerbitan KTP-el atas nama Djoko Sugiarto Tjandra tidak melaksanakan sesuai/mengabaikan SOP yang berlaku, karena merasa sungkan kepada Lurah," ujar Anies.

Tonton video 'Komisi III akan Panggil Dukcapil DKI Terkait e-KTP Djoko Tjandra':

Selanjutnya
Halaman
1 2