Sekolah di Zona Hijau Mulai Dibuka, Ini Catatan KPAI

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 08:08 WIB
Komisioner KPAI, Retno Listyarti,
Komisioner KPAI Retno Listyarti (Foto: Rahel Narda Chaterine)
Jakarta -

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memberikan sejumlah rekomendasi kepada sekolah yang akan memulai proses belajar mengajar tatap muka. KPAI meminta agar sekolah melengkapi fasilitas kenormalan baru jika ingin membuka sekolah saat pandemi virus Corona.

"Untuk melindungi keselamatan dan kesehatan peserta didik selama berada di sekolah, KPAI mendorong Gugus Tugas COVID-19 untuk tidak mudah memberikan persetujuan pembukaan sekolah tanpa disertai survei kesiapan sekolah dan daerah yang memadai sesuai ketentuan protokol kesehatan yang ditetapkan WHO," ujar Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti kepada wartawan, Minggu (12/7/2020).

Retno juga meminta agar sekolah mengikuti Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri, yang terdiri atas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Agama sebagai panduan dalam melaksanakan pendidikan di era pandemi Corona.

"Kabupaten/kota atau provinsi yang akan membuka sekolah harus menggunakan SKB 4 Menteri sebagai dasar hukumnya. Semua ketentuan dalam SKB tersebut wajib dipatuhi dan tidak boleh disimpangi," kata dia.

Retno juga berharap agar Gugus Tugas COVID-19 di daerah berperan aktif dalam melakukan pemantauan. Misalnya, menolak sekolah membuka kembali proses belajar tatap muka jika belum memenuhi kriteria.

"Ketika daerah membuka sekolah, padahal masih zona merah, maka Gugus Tugas COVID-19 di daerah tersebut wajib menolak tegas. Jika ada daerah yang memaksa buka sekolah padahal belum zona hijau, maka Gugus Tugas COVID wajib meminta sekolah ditutup kembali," kata Retno.

"Ketika sudah zona hijau, namun daerah membuka sekolah untuk jenjang SD terlebih dahulu, padahal seharusnya dimulai, ada jenjang SMA dan SMP, maka Gugus Tugas COVID-19 juga wajib menolaknya," imbuhnya.

Tonton video 'Sekolah di Zona Hijau Bisa Beroperasi, Ini 6 Protokolnya':

Selanjutnya
Halaman
1 2