3 Anggota SAR yang Hilang Saat Pencarian di Gunung Tambusisi Ditemukan Selamat

Mohammad Qadri - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 02:54 WIB
Lokasi ditemukannya 3 anggota Tim SAR di Gunung Tambusisi
Lokasi ditemukannya 3 anggota Tim SAR di Gunung Tambusisi (Foto: dok. Tim SAR Gunung Tambusisi)
Palu -

Sebanyak tiga anggota Tim SAR yang dinyatakan hilang di Gunung Tambusisi, Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, ditemukan dalam kondisi selamat. Ketiganya dinyatakan hilang oleh Basarnas Palu setelah tergabung dalam Tim SAR pencarian pendaki Mapala Sagarmatha, Universitas Tadulako (Untad), Moh Faisal.

"Alhamdulillah ketiga anggota SAR yang dinyatakan hilang, sudah ditemukan sore tadi sekitar pukul 15.00 Wita di tepi Sungai Lembah Semara dan kondisi semuanya selamat," kata Kepala SAR Palu, Basrano, pada Minggu (12/7/2020).

Ketiganya adalah Abdulrahman Saleh (38), Amin Ali (35), dan Rahmat Saputra (33). Basrano menyebut ketiga anggota SAR itu ditemukan tepatnya di pinggir sungai di Desa Tambayoli.

Sementara itu, ia menyampaikan bahwa proses evakuasi ketiga anggota SAR tersebut dilakukan dengan lebih hati-hati. Hal itu dikarenakan aliran Sungai Lembah Semara sangat deras.

"Ketiga anggota SAR ditemukan di hari ke-3 setelah dinyatakan hilang usai Moh Faisal, pendaki Mapala Untad, ditemukan meninggal. Almarhum Moh Faisal sebelumnya dicari oleh sejumlah Tim SAR gabungan karena hilang usai mendaki gunung Tambusisi," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Moh Faisal, seorang anggota Mapala Sagarmatha Untad dilaporkan hilang usai mendaki Gunung Tambusisi. Namun, saat ditemukan, Faisal sudah ditemukan dalam kondisi meninggal di tepi Sungai Lembah Sumara.

Korban dikabarkan hilang karena hanyut terseret arus sungai usai melakukan pendakian di Gunung Tambusisi pada Senin (6/7) lalu. Korban melakukan pendakian bersama keenam rekan anggota Mapala Untad lainnya.

Sebanyak 3 anggota Tim SAR yang tergabung dalam pencarian Moh Faisal dinyatakan hilang pada Jumat (10/7) lalu. Pencarian ketiganya dilakukan sejak Sabtu (11/7).

"Tiga orang anggota SAR yang dibentuk untuk mencari pendaki Moh Faisal, sudah kita nyatakan hilang. Besok pencarian ketiganya akan dimulai. Semoga bisa cepat ditemukan," ucap Kepala kantor SAR Palu, Basrano, kepada detikcom, Jumat (10/7).

(azr/azr)