Viral Pemuda Terluka Ditandu 7 Kilometer di Mamuju, Begini Ceritanya

Abdy Febriady - detikNews
Minggu, 12 Jul 2020 17:00 WIB
Ilustrasi Aplikasi
Ilustrasi media sosial (Foto: dok. detikINET)
Mamuju -

Seorang pemuda bernama Jainul (27 tahun), warga Desa Uhaimate, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, menderita luka serius hingga terpaksa ditandu sejauh 7 kilometer. Dia ditandu menuju mobil yang mengantarnya ke rumah sakit.

Dalam rekaman video amatir yang kini viral di media sosial, belasan warga secara bergantian mengangkat tandu yang membawa korban. Saat melewati jalan menurun, warga harus berhati-hati, karena terlihat kondisi jalan yang licin setelah diguyur hujan.

Kejadian yang mengundang perhatian warga ini terjadi pada Sabtu (11/7). Berawal ketika korban melompat dari puncak air terjun setinggi lima meter saat sedang berwisata. Korban diduga terpeleset dan membentur bebatuan saat sampai di dasar, membuatnya tenggelam dan tidak sadarkan diri.

"Ceritanya anak-anak pergi rekreasi, tapi ini anak loncat dan terpeleset mungkin tertumbuk di batu dan tenggelam, teman-temannya sempat mencari karena dia tidak terlihat di air terjun," kata kakak korban, Airun, saat dijumpai wartawan, Minggu (12/7/2020).

Menurut Airun, korban terpaksa ditandu oleh warga lantaran akses jalan dari kampungnya sulit dilalui kendaraan, apalagi setelah diguyur hujan. Kondisi diperparah oleh terbatasnya jaringan komunikasi. "Iya, karena susah dilalui kendaraan, dia terpaksa ditandu sejauh 7 kilometer, tidak ada jaringan tidak bisa menelepon," ungkapnya.

Airun berharap pemerintah memberi perhatian terhadap kondisi jalan ke kampung halamannya, yang selama ini sulit dijangkau kendaraan, agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

"Jadi harapan kami, karena kebetulan adik kami tampil di medsos, kepada pemerintah supaya diperhatikan daerah kami, karena betul-betul ketika hujan kami tidak bisa tembus, ada jembatan tapi sudah rusak, jadi kami minta pemerintah perhatikan daerah kami," pintanya.

Kendati sudah sadarkan diri, hingga saat ini korban masih menjalani perawatan intensif di ruang ICU Rumah Sakit Umum Daerah Mamuju.

Tonton video 'Polisi Tandu Warga Sakit ke Puskesmas':

(gbr/gbr)