Round-Up

Geger Warga di Mamuju Hadang Mobil Penggali Makam Pasien Corona

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 11 Jul 2020 22:38 WIB
Warga Hadang Petugas yang Akan Makamkan Pasien Covid-19 di Mamuju
Foto: Warga Hadang Petugas yang Akan Makamkan Pasien Covid-19 di Mamuju. (20Detik)
Mamuju -

Aksi penolakan pemakaman jenazah pasien Corona (COVID-19) terjadi lagi. Kali ini, puluhan warga di Mamuju, Sulawesi Barat, bergerak menghadang mobil yang mengangkut penggali makam pasien Corona.

Peristiwa itu berawal saat warga tepatnya dari Kelurahan Binanga, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, menghadang kendaraan milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang mengangkut sejumlah petugas penggali makam pasien COVID-19 pada Jumat 10 Juli 2020 malam hari.

Warga mengaku resah saat tahu lahan kosong di wilayahnya akan dijadikan lokasi pemakaman pasien Corona (COVID-19). Mereka melakukan penghadangan itu karena khawatir akan penyebaran virus di lingkungan sekitar.

"Penolakannya ini masyarakat, karena memang ada lahan persiapan makam pasien COVID, kenapa dimakamkan di lahan umum, ini umum untuk masyarakat, bukan umum untuk (pasien) COVID" kata kepala lingkungan Kasiwa Timur, Abdul Razak kepada wartawan, Sabtu (11/7/2020).

Warga dan petugas BPBD kemudian melakukan negosiasi yang cukup alot hingga Sabtu 11 Juli 2020 dini hari.

Akhirnya, warga mengizinkan petugas melakukan penggalian kubur di pemakaman umum setempat. Namun mereka meminta tidak ada lagi pasien COVID yang dimakamkan di kampung mereka.

Selanjutnya
Halaman
1 2