Jelang Tahun Ajaran Baru Dimulai, Sekolah di Samarinda Disemprot Disinfektan

Suriyatman - detikNews
Minggu, 12 Jul 2020 14:10 WIB
Petugas melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah sekolah di Samarinda
Foto: Petugas melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah sekolah di Samarinda (Suriyatman/detikcom)

Aldi mengatakan penyemprotan dilakukan untuk meringankan beban pihak sekolah. Dia berharap, salah satu upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona itu bisa membuat pelajar merasa aman saat kembali ke sekolah.

"Dan sebelum dibuka kita akan bantu pihak sekolah untuk mencegah penyebaran COVID-19 sehingga masyarakat dan anak-anak sekolah merasa aman dari COVID-19," katanya.

Sementara itu, Koordinator Relawan Info Taruna Samarinda, Joko Kiswanto mengatakan bahwa setelah 3 bulan tidak digunakan, para relawan ingin memastikan bahwa sekolah ini aman dari penularan COVID-19. Dia menyebut penyemprotan sebagai salah satu langkah antisipasi.

"Ini didasari dimana kondisi kota Samarinda masih dalam kondisi pandemi COVID-19. Seperti kita ketahui dalam dua hari terakhir ini ada tiga korban yang meninggal dunia, untuk itu kita antisipasi salah satunya adalah kita fokus pada sarana pendidikan di Kota Samarinda," kata Joko.

"Seperti kita ketahui tahun ajaran baru dimulai tanggal 13 Juli ada beberapa sekolah yang belum melaksanakan tatap muka. Namun ada sekolah seperti pesantren kemudian Sekolah Menengah Atas yang sudah melaksanakan tatap muka," imbuhnya.

Untuk diketahui, Tahun Ajaran Baru 2020-2021 akan dimulai besok, 13 Juli 2020. Kemendikbud menegaskan sekolah yang bisa melakukan proses belajar-mengajar tatap muka adalah yang berada di zona hijau.

"Satuan pendidikan yang berada di daerah ZONA KUNING, ORANYE, DAN MERAH, dilarang melakukan proses pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan dan tetap melanjutkan belajar dari rumah (BDR)," demikian isi buku saku panduan pembelajaran pada masa pandemi Corona yang dibuat Kemendikbud, dilihat, Minggu (12/7).

Halaman

(lir/lir)