Pemkot Bekasi Sisir Pengunjung CFD yang Tak Bermasker untuk Dites Rapid Corona

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 12 Jul 2020 11:23 WIB
Posko pemeriksaan rapid test Kota Bekasi, Stadion Patriot Candrabaga.
Foto: Posko pemeriksaan rapid test Kota Bekasi, Stadion Patriot Candrabaga (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi telah menyiapkan 500 alat rapid test untuk pengunjung car free day (CFD). Pemkot Bekasi menyisir pengunjung CFD yang tidak bermasker untuk kemudian dites rapid virus Corona (COVID-19).

"Pertama, hari ini kita persiapkan 500 rapid test kepada warga masyarakat. Yang pertama, kita akan lakukan penyisiran terhadap warga masyarakat yang memang ditemukan mereka tidak menggunakan masker, kita coba lakukan tes," kata Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto di Posko pemeriksaan rapid test di Stadion Patriot Candrabaga, Kota Bekasi, Minggu (12/7/2020).

Tak hanya pengunjung yang bermasker. Pengunjung yang merasa bergejala COVID-19 bisa minta diperiksa.

"Yang kedua adalah memberikan kesempatan kepada warga masyarakat yang kemudian memang mereka merasa ada gejala. Mungkin mereka pernah berinteraksi dengan orang yang pernah mengalami positif," jelasnya.

Bagi mereka yang melakukan rapid test dapat mengetahui hasilnya pada siang hari. Ketika ada pengunjung yang dinyatakan reaktif, maka akan segera diarahkan untuk menjalani tes usab.

"Nanti siang, nanti mereka tahu (hasilnya). Kemudian, setelah tahu kita ambil mereka, kemudian dibawa untuk melakukan tes swab. Jadi, yang memiliki tingkat kepastian hampir mendekati 100 persen. Setelah dinyatakan mereka positif mereka juga akan bawa ke RS rujukan," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi akan melakukan rapid test untuk pengunjung car free day (CFD) Bekasi pada pada 12 Juli 2020. Sebanyak 500 alat rapid test disiapkan oleh Pemkot Bekasi. Namun, karena keterbatasan alat, tidak semua pengunjung menjalani rapid test.

"500 (pengunjung di-rapid test)," ujar Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Stadion Patriot Bekasi, Rabu (8/7/2020).

Tonton video 'Tak Bermasker, Puluhan Warga Kena Sanksi di Bundaran HI':

(zak/zak)