Menaker-Kepala BP2MI Tes Corona Usai Jemput TKI Ety Toyyib, Hasilnya?

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 12 Jul 2020 10:37 WIB
Wakil Ketua (Waka) MPR Jazilul Fawaid bersama Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziah menyambut kembalinya TKI Ety Toyyib Anwar yang ke Indonesia usai lolos dari hukuman mati dan dipenjara selama 18 tahun di Arab Saudi.
Jazilul Fawaid, Benny Rhamdani, dan Ida Fauziyah saat menjemput Ety Toyyib. (Rolando/detikcom)
Jakarta -

TKI Ety Toyyib, yang lolos dari hukuman mati di Arab Saudi, pulang ke Tanah Air dan kondisinya diketahui positif Corona. Para pejabat yang menjemput Ety Toyyib di Bandara Soetta langsung melaksanakan tes Corona. Bagaimana hasilnya?

Ety Toyyib tiba pukul 17.35 WIB di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (6/7/2020). Ety Toyyib dijemput langsung Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani, dan Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid.

Pada Jumat, 10 Juni 2020, Benny Rhamdani mengonfirmasi Ety Toyyib positif virus Corona. "Iya, Ibu Etty sesuai informasi positif ya," kata Benny Rhamdani.

Setelah Ety Toyyib dikonfirmasi positif Corona, para pejabat yang sempat ikut menjemput menjalani tes pemeriksaan Corona. Ada yang rapid test, ada juga yang sudah menjalani tes usap atau swab test.

Menaker Ida Fauziyah, yang ikut menjemput Ety, langsung melakukan rapid test dengan hasil negatif.

"Hari ini sudah rapid, hasilnya negatif dan hari minggu akan dilakukan PCR test untuk memastikan," kata Menaker Ida kepada wartawan, Jumat (10/7).

Ida mengatakan terus menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitasnya. Dia mengatakan menjaga asupan gizi dan menjaga kebugaran fisiknya.

Sementara itu, Jazilul Fawaid, yang juga ikut menjemput Ety Toyyib di Bandara Soetta beberapa hari lalu, mengaku sudah menjalani PCR test, dan hasilnya dinyatakan negatif Corona.

"Saya barusan tes siang ini, hasilnya malam ini. Saya minta percepat (keluar hasil tesnya) dan hasilnya negatif," sebut Jazilul, Jumat (10/7).

Benny Rhamdani juga mengaku sudah menjalani tes usap untuk memeriksa dirinya positif Corona atau tidak. Hasilnya baru akan keluar besok.

"Sudah saya kemarin, tinggal besok nunggu hasilnya. Swab. Rapid kan hanya 2 menit selesai, kalau swab 3 hari. Doain sehat-sehat, ya," kata Benny saat dihubungi, Minggu (12/7).

"Setelah saya dapat kabar Ety positif, pertama kali saya dapat kabar tanggal 10 waktu saya ngisi acara diskusi sama Mas Jazil (Jazilul), ngobrol sama beliau. Beliau bilang Ibu Ety positif dan beliau sudah melaksanakan swab. Ya sudah, aku juga akhirnya swab besoknya," sebut dia.

(gbr/knv)