Munaslub Presidium Penyelamat Berkarya Ganti Nama Partai, Jadi Apa?

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 12 Jul 2020 09:23 WIB
Partai Berkarya
Foto: Partai Berkarya
Jakarta -

Presidium Penyelamat Partai Berkarya tetap menggelar munaslub partai meski telah dibubarkan oleh Tommy Soeharto. Munaslub menghasilkan diubahnya nama Partai Berkarya menjadi Partai Beringin Karya atau yang disingkat tetap Partai Berkarya.

"Partai Berkarya mengubah nama dan logo kembali menjadi Partai Beringin Karya yang disingkat Berkarya, sesuai akta pendirian 5 Mei 2016," kata Sekjen Partai Berkarya terpilih, Badaruddin Andi Picunang dalam keterangan tertulisnya, Minggu (12/7/2020).

"Warna dasar bendera dari kuning menjadi putih," tambahnya.

Sealin itu, hasil munaslub juga membatalkan kebijakan pengurus partai yang dikeluarkan sebelumnya. Kebijakan partai sebelumnya dinilai cacat hukum.

"Menganulir beberapa kebijakan pimpinan partai sebelumnya terkait SK pengurus di semua tingkatan yang cacat hukum dan rekomendasi Pilkada 2020 tanpa prosedural," ucapnya.

Sementara itu, munaslub memilih Muchdi Pr selaku ketua umum Partai Berkarya. Sedangkan Picunang sendiri menjadi sekretaris jenderal (sekjen) partai.

"Ketua umum terpilih Mayjen TNI Purn Muchdi Pr dan Sekjen terpilih Badaruddin Andi Picunang sekaligus Ketua dan Sekretaris Formatur dalam Tim Formatur yang terdiri dari 5 (lima) orang yang akan menyusun pengurus DPP Partai Beringin Karya (berkarya) periode 2020-2025," imbuhnya.

Sebelumnya, meski telah mendapat ancaman dari Tommy Soeharto, Presidium Penyelamat Partai Berkarya tetap menggelar munaslub. Alhasil, acara dibubarkan langsung oleh Tommy.

Munaslub Berkarya digelar di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (11/7). Sejak pagi sudah terlihat sejumlah kader partai, namun keberadaan panitia Munaslub tidak jelas.

Lalu pada siang hari, Tommy datang ke lokasi acara. Ia didampingi oleh Sekjen Berkarya, Priyo Budi Santoso dan sejumlah petinggi partai.

Tonton video 'Tommy Soeharto Pecat Kader Berkarya yang Inginkan Munaslub:

(rfs/gbr)