CFD di Jl Jend Ahmad Yani Kota Bekasi, Jalur Pesepeda-Pejalan Kaki Dipisah

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 12 Jul 2020 08:36 WIB
CFD di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (12/7/2020).
Foto: CFD di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Bekasi, Jawa Barat. (Tiara Aliya Azzahara/detikcom)
Bekasi -

Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Bekasi, Jawa Barat, kembali diadakan hari ini. Jalur pesepeda dan pejalan kaki di sana dipisah agar tidak terjadi penumpukan.

Pantauan detikcom di lokasi, Minggu (12/7/2020), warga mulai berdatangan menuju CFD Jalan Jendral Ahmad Yani sekitar pukul 07.30 WIB. Puluhan petugas gabungan terdiri dari Satpol PP, Dinas Perhubungan dan polisi tersebar di sepanjang ruas jalan.

Suhu tubuh warga diperiksa sebelum diizinkan memasuki kawasan CFD di Jalan Jend Ahmad Yani, Kota Bekasi, MInggu (12/7/2020).Foto: Suhu tubuh warga diperiksa sebelum diizinkan memasuki kawasan CFD di Jalan Jend Ahmad Yani, Kota Bekasi. (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)

Di depan pintu masuk, terlihat antrean tertib warga yang hendak memasuki kawasan CFD. Sebelum masuk, petugas mengecek suhu tubuh dan menyemprotkan hand sanitizer ke tangan warga.

Ketika ada yang tak bermasker, petugas memberikan masker kain baru sebelum akhirnya warga diperkenankan masuk. Kawasan CFD terdapat di sepanjang Jalan Ahmad Yani menuju Flyover Summarecon Bekasi maupun arah sebaliknya.

Setiap jalan dibagi menjadi 2 jalur. Jalur sebelah kanan diperuntukan untuk pesepeda, jalur sebelah kiri untuk pejalan kaki. Meskipun tidak ada cone pembatas jalan, warga tertib berolahraga sesuai jalur yang disediakan.

"Sekali lagi diingatkan warga berolahraga sesuai jalurnya. Jalur sepeda sebelah kanan, jalur pejalan kaki sebelah kiri," kata salah seorang petugas Satpol PP.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota Bekasi akan tetap mengadakan kegiatan CFD di 15 titik Kota Bekasi pada Minggu 12 Juli 2020. Kasatpol PP Kota Bekasi, Abi Hurairah memastikan masyarakat wajib mengikuti protokol kesehatan dan pedagang belum bisa berjualan di area CFD.

"Minggu ke dua pelaksanaan CFD di Bekasi kita tetap lakukan protokol kesehatan seketat-ketatnya, seluruh pengunjung wajib pakai masker, physical distancing dijaga," kata Abi saat dihubungi, Sabtu (11/7).

Tonton video 'Tak Ada CFD, Warga Tetap Padati Bundaran HI':

(zak/zak)